Uncategorized

10 Manfaat Madu Al-Shifa bagi Kesehatan Tubuh

Madu Al-Shifa merupakan madu murni 100% yang diambil dari lebah. Madu dikemas dan diolah secara higienis sehingga kualitasnya terjaga tanpa mengurangi khasiat alami madu untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Madu bisa dikonsumsi mulai dari anak-anak hingga lansia. Simak artikel berikut ini 10 manfaat madu Al-Shifa untuk kesehatan tubuh. 

Manfaat madu untuk kesehatan tubuh

Selama berabad-abad, madu dikenal akan makanan dengan beragam manfaat, dan bahkan dijadikan sebagai obat untuk berbagai penyakit. Berikut ini 10 manfaat mengonsumsi madu Al-Shifa untuk kesehatan tubuh.

  1. Sumber nutrisi dan antioksidan

Lebah mengambil nektar dari berbagai bunga kemudian diolah menjadi lebah. Kandungan nutrisi dan rasa setiap madu berbeda-beda tergantung dari sumbernya, namun umumnya 1 sdt madu (21 gram) mengandung 64 kalori, 17 gram gula alami seperti fruktosa, glukosa, maltosa, dan sukrosa, serta vitamin dan mineral. 

Madu Al-Shifa terbuat dari madu berkualitas tinggi yang mengandung antioksidan penting, seperti flavonoid serta tidak mengandung lemak. 

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor penyebab penyakit jantung. Menurut penelitian, kandungan antioksidan dalam madu dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini berarti mengonsumsi madu secara rutin dapat mencegahmu dari penyakit jantung. 

  1. Menurunkan kolesterol dan trigliserida

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa madu dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan total kolesterol sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Tingkat kolesterol LDL dan total kolesterol yang tinggi juga merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Selain itu, madu juga dapat menurunkan kadar trigliserida yang terkait dengan penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Karena itu pasien yang berisiko terkena diabetes disarankan untuk mengganti gula dengan madu secukupnya.

  1. Melancarkan peredaran darah

Madu merupakan sumber fenol dan antioksidan lainnya yang bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Kandungan dalam madu dapat membantu pembuluh darah arteri melebar sehingga meningkatkan aliran darah dan oksigen ke jantung, juga mencegah pembekuan darah. 

  1. Menyembuhkan luka bakar

Madu sebagai obat luka bakar telah ada sejak zaman Mesir kuno dan masih sering dilakukan hingga sekarang. Mengoleskan madu secara topikal ke luka bakar dan luka bekas operasi dapat mempercepat penyembuhan. 

Beberapa penelitian juga menemukan bahwa madu efektif mengobati hingga 97% luka serius pada pasien diabetes sehingga menurunkan risiko amputasi. Selain itu, madu juga dapat membantu mengobati kondisi kulit lainnya seperti psoriasis dan lesi herpes. Para peneliti percaya manfaat ini berasal dari sifat antibakteri dan anti-inflamasi pada madu. 

  1. Sebagai obat batuk anak

Anak-anak, terutama di bawah usia 3 tahun harus berhati-hati dalam menggunakan obat batuk. Untuk pilihan yang aman, Anda bisa memberikan madu untuk meredakan batuk si kecil. Bahkan penelitian menemukan madu bekerja lebih efektif dalam mengurangi gejala batuk dibandingkan dengan obat batuk biasa. 

Apakah ada efek samping mengonsumsi madu?

Meski sangat bermanfaat, Anda tetap harus mengonsumsi madu secara bijak. Madu mengandung gula alami dan tinggi kalori sehingga bisa menyebabkan masalah jika dikonsumsi terlalu banyak. Asosiasi Jantung Amerika (AHA) menyarankan agar wanita tidak mendapatkan lebih dari 100 kalori sehari (sekitar 6 sdt) dan pria sebesar 150 kalori sehari (sekitar 9 sdt).

Catatan

Sebelum mengonsumsi madu, pastikan madu tersebut murni tanpa ada tambahan gula atau sirup. Agar lebih aman, Anda bisa membeli madu Al-Shifa. Madu Al-Shifa bisa didapatkan dengan mudah di supermarket atau toko obat dengan kemasan kecil hingga 1000 g. Jangan kaget dengan harganya yang lebih mahal dibandingkan dengan madu lain, karena madu Al-Shifa terbuat dari 100% madu asli.