Olahraga

Alat Fitness

Rekomendasi alat fitness untuk olahraga di rumah

Setiap orang tentunya ingin menjaga kesehatan tubuh supaya terlihat ideal. Salah satu cara untuk menerapkan pola tersebut adalah berolahraga. Meskipun demikian, fasilitas yang menyediakan alat fitness atau gym masih dibatasi jumlah pengunjungnya karena dunia masih menghadapi pandemi virus Corona atau Covid-19. Oleh karena itu, jika Anda ingin berolahraga, Anda bisa melakukannya di rumah.

Jika Anda ingin berolahraga yang ringan seperti jogging, Anda tidak perlu membeli perlengkapan tersebut. Namun, jika Anda ingin membentuk badan, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli alat fitness.

Alat fitness bisa Anda beli baik di toko maupun secara online. Ada berbagai jenis alat fitness yang dijual di pasaran. Harganya juga bervariasi. Meskipun Anda ingin pergi ke gym, namun tidak bisa karena ingin mencegah penularan virus Corona, Anda bisa melakukannya di rumah. Berikut adalah alat fitness yang dapat Anda gunakan di rumah:

  • Matras

Matras bisa Anda gunakan jika Anda ingin melakukan yoga. Tidak hanya yoga, alat tersebut juga dapat digunakan untuk push up atau sit up. Jika Anda berolahraga menggunakan matras, manfaat yang Anda peroleh adalah membuat tubuh Anda menjadi hangat.

  • Dumbbell

Dumbbell juga bisa Anda gunakan jika Anda ingin membentuk otot lengan. Anda dapat membeli alat tersebut baik dalam ukuran yang kecil maupun yang besar. Selain membentuk otot lengan, manfaat yang Anda peroleh dari dumbbell adalah membuat tubuh menjadi bugar.

  • Barbel

Barbel juga bisa Anda gunakan jika Anda ingin membentuk tubuh yang ideal. Barbel berbeda dengan dumbell dimana barbel secara khusus dipakai untuk latihan angkat beban berat. Barbel dapat digunakan untuk membentuk dan menguatkan otot-otot tubuh manusia.

  • Kettlebell

Kettlebell bisa Anda gunakan jika Anda ingin berolahraga di rumah. Alat tersebut memiliki bentuk yang sama dengan bola bowling, namun terdapat pegangan di bagian atas alat tersebut. Kettlebell juga bisa digunakan untuk banyak latihan, terutama latihan untuk meningkatkan kekuatan otot lengan, paha, dan betis manusia.

  • Balance ball

Balance ball bisa menjadi pilihan yang dapat Anda gunakan di rumah. Balance ball digunakan untuk membantu pergerakan otot manusia. Tidak hanya itu, alat tersebut juga bisa digunakan untuk peregangan.

  • Treadmill

Treadmill adalah alat yang paling umum digunakan jika seseorang ingin menjaga berat badan. Anda juga bisa menggunakan treadmill di rumah jika ingin melakukan olahraga yang berkaitan dengan kardio.

Jika Anda menggunakan treadmill, manfaat yang diperoleh adalah dapat mengurangi stres pada tubuh. Anda bisa atur sendiri kecepatan yang ingin ditempuh dengan alat tersebut.

  • Sepeda statis

Sepeda statis juga bisa menjadi pertimbangan jika Anda ingin berolahraga kardio di rumah. Kegunaan dari sepeda statis adalah membantu menurunkan berat badan dengan membakar kalori dan membuat jantung Anda lebih kuat.

Tidak hanya itu, sepeda statis juga dapat memperkuat otot Anda, membantu pernafasan, mengurangi kolesterol, dan mengurangi risiko diabetes.

  • Alat sit up

Alat sit up juga bisa menjadi pertimbangan jika Anda ingin berolahraga di rumah. Alat sit up dapat digunakan untuk menjaga keseimbangan tubuh, meningkatkan postur tubuh, meningkatkan fleksibilitas, mengurangi risiko nyeri punggung, serta meningkatkan massa otot.

Itulah alat fitness yang bisa Anda gunakan di rumah. Jika Anda memiliki alat yang dibutuhkan, maka Anda tidak perlu pergi ke gym. Dengan menggunakan alat fitness di rumah, Anda akan berhemat setiap bulan dengan tidak membayar keanggotaan di sebuah fasilitas olahraga. Meskipun demikian, Anda perlu menggunakan alat fitness yang Anda beli secara teratur, dan lebih baik jika Anda memakainya setiap minggu untuk membentuk badan yang ideal.