Uncategorized

Anaton Sirup, Solusi Tepat Redakan Gejala Pilek

Saat pilek melanda, Anda mungkin akan merasakan ketidaknyamanan. Anda jadi tidak bisa produktif dalam beraktivitas, serta merasa lelah setiap saat. Jika hal ini terjadi, cobalah menggunakan obat Anaton syrup untuk mengatasinya.

Obat Anaton adalah salah satu obat umum yang bisa digunakan untuk meredakan gejala pilek. Obat ini bisa didapatkan secara bebas tanpa memerlukan resep dari dokter.

Perhatian saat menggunakan Anaton Sirup

Anda harus memperhatikan beberapa hal ketika akan menggunakan obat ini. Jangan sampai, Anda mengonsumsi dengan cara yang keliru dan malah membawa dampak negatif bagi kesehatan Anda sendiri.

Ketika akan menggunakan obat ini untuk meredakan gejala flu atau pilek, cobalah perhatikan dulu beberapa hal berikut:

  • Komposisi obat

Tidak semua obat pereda pilek memiliki kandungan komposisi yang sama. Walaupun, umumnya komposisi yang digunakan memiliki efek yang tak jauh berbeda.

Dalam obat Anaton, komposisi yang digunakan meliputi Paracetamol 130 mg, Dextromethorphan Hbr 3,5 mg, Guaifenesin 30 mg, Chlorphenamine maleate 0,5 mg, dan Phenyipropanolamine HCL 3,5 mg – Alkohol 4,8 %.

Setiap kadar komposisi ini bisa ditemukan dalam setiap 5 ml atau satu takar obat sirup. Perhatikan apabila salah satu kandungan dalam komposisi obat bisa memicu reaksi alergi. 

  • Cara penggunaan

Perhatikan dengan seksama cara pemakaian obat Anaton sirup. Anda disarankan untuk menggunakannya sesuai anjuran dari dokter.

Ketahui juga dosis untuk meminum obat. Obat in bisa diminum oleh anak-anak usia 6-12 tahun dengan dosis 10 ml atau 2 sendok takar, 3 kali dalam sehari.

Sementara, untuk orang dewasa, dosisnya adalah 20 ml atau 4 sendok takar, dikonsumsi tiga kali dalam sehari.

  • Efek samping

Setiap jenis obat pasti memiliki efek samping. Hal ini juga berlaku bagi obat Anaton. Beberapa efek samping bisa dialami, namun efek samping ini cenderung ringan.

Obat ini bisa menimbulkan efek samping seperti mengantuk, gangguan pencernaan, mulut kering, jantung berdebar, gangguan psikomotor, peningkatan detak jantuk, serta gangguan pada kandung kemih.

Apabila digunakan untuk jangka panjang dan dosis besar, Anaton sirup juga bisa menyebabkan efek samping berbahaya berupa kerusakan fungsi hati.

  • Penderita kondisi lain

Meskipun bukan merupakan obat berat, Anaton juga perlu diperhatikan penggunaannya. Beberapa penderita dengan kondisi lain perlu mendapatkan perhatian khusus ketika akan memakai obat ini.

Misalnya untuk penderita pilek yang juga mengalami gangguan fungsi hati, hipoksia atau kekurangan oksigen, dan pasien dengan gangguan fungsi pernapasan.

Selain itu, perhatikan juga apabila Anda di tengah masa kehamilan atau masa menyusui. Karena, penggunaan obat di masa ini harus dilakukan dengan mempertimbangkan kesehatan bayi.

  • Kontradiksi

Obat Anaton sirup bisa menimbulkan reaksi negatif apabila dikonsumsi oleh orang-orang dengan kondisi tertentu. Contohnya seperti penderita gangguan jantung dan diabetes melitus, penderita gangguan fungsi hati berat, dan hipersensitif terhadap komponen dalam obat.

Jika dikonsumsi oleh orang-orang dengan kondisi ini, maka bisa menimbulkan kontradiksi. Jadi, hindari pemakaiannya bagi penderita kondisi di atas. 

Selalu konsultasikan penggunaan obat dengan dokter atau apoteker sebelum membeli. Pastikan Anda membeli obat yang sesuai dengan kondisi kesehatan diri Anda sendiri.

Ingatlah untuk tidak menggunakan obat untuk jangka panjang. Anaton sirup seharusnya bisa mendatangkan hasil untuk memulihkan gejala pilek dalam waktu yang tidak terlalu lama.