Uncategorized

Apa Gejala Angioedema dan Bagaimana Diagnosisnya ?

Angioedema atau yang biasa dikenal biduran merupakan reaksi kulit yang dapat menyebabkan bekas gatal, ukuran angioedema bervariasi mulai dari bintik-bintik kecil hingga bercak yang besar. 

Angioedema atau biduran dapat disebabkan oleh banyak situasi serta zat, dan juga paparan makan atau obat-obatan tertentu. Angioedema bisa timbul dengan gatal-gatal sehingga menyebabkan pembengkakan di lapisan kulit yang lebih dalam, hal ini sering terjadi di sekitar wajah dan bibir.

Gejala pada angioedema

Gatal–gatal yang terjadi kulit bagian dalam  dapat mempengaruhi tangan, alat kelamin, kaki, faring, usus, dan wajah pasien. Tanda dan gejala angioedema biasanya muncul secara tiba – tiba dengan cepat. Angioedema atau biduran ini mampu bertahan hingga tiga hari. 

Beberapa kasus mengatakan bahwa area yang bengkak mungkin terasa panas dan juga menyakitkan, penlihatan juga terpengaruh. Tanda dan gejala angioedema diantaranya yaitu :

  • Bekas yang terentuk dalam hitungan menit hingga hitungan jam
  • Pembengkakan dan juga kemeahan yang biasa terjadi di area mata, pipi, ataupun bibir
  • Rasa sakit dan juga hangat di area yang terkena

Angioedema mampu menyebabkan bekas luka yang besar di bawah permukaan kulit, terutaman terjadi pada mata dan juga bibir. Angioedema juga mampu mempengaruhi tangan, kaki, serta tenggorokan. Bekas yang disebabkan oleh gatal-gatal diantaranya yaitu :

  • Kemerahan pada kulit yang terkena
  • Bekas yang berbentuk bulat, oval, atau pun berbentuk cacing
  • Berbekas sekecil kacang polong, atau pun sebesar piring makan.

Sebagian besar angioedema atau gatal – gatal muncul dengan cepat dan juga hilang dalam waktu 24 jam. Namun, jika gatal – gatal yang dialami merupakan biduran kronis maka dapat berlangsung selama berbulan – bulan bahkan bertahun – tahun.

Bagaimana diagnose terhadap angioedema?

Dokter biasanya dapat membuat diagnosis yang jelas mengenai jenis angioedema yakni dari munculnya gejala, klasifikasi apa yang mungkin memicu adanya angioedema, dan dengan mengambil riwayat keluarga dan juga riwayat medis.

Dokter juga akan memeriksa apakah sang pasien menggunakan obat yang terkait dengan angioedema, misalnya ACE inhibitor.

Apabila terkena allergen umum sebelum terjadinya angioedema berarti ada kemungkinan terjadinya angioedema elergi. Munculnya gata – gatal juga akan menunjukkan jenis ini.

Riwayat keluarga terhadap angioedema mungkin menunjukkan bahwa presentasi angioedema merupakan keturunan dari keluarga. Seseorang yang memiliki angioedema dapat dirujuk untuk dites lebih lanjut lagi untuk memastikan jenisnya, diantaranya yaitu :

  • Tes dengan menusuk kulit, untuk memastikan hubungan dengan adanya kemungkinan elergi, di mana kulit di tusuk dengan dejumlah allergen kecil yang dicurigai.
  • Tes darah, untuk melihat bagaimana system kekebalan pada tubuh yang bereaksi terhadap allergen tertentu.
  • Tes darah, untuk memeriksa inhibitor esterase C1, tingkat rendah yang menunjukkan bahwa permasalahannya yakni keturunan.

Angioedema attau gatal-gatal merupakan hal yang sering terjadi. Kemungkinan Anda berada pada peningkatan risiko angioedema atau gatal –gatal, yaitu jika anda :

  • Jika Anda pernah mengalami angioedema atau gatal – gatal sebelumnya
  • Jika Anda penah mengalami reksi alergi lainnya
  • Jika Anda memiliki riwayat keluarga atau keturunan dengan gatal – gatal atau angioedema

Kondisi ini biasanya ringan, namun jika berkembang dengan cepat, atau jika mempengaruhi tenggorokan dapat menyebabkan sesak napas. Kondisi ini akan mengarah pada tanda – tanda seperti masalah pernapasan yang tiba – tiba meningkat atau meningkat dengan cepat, pusing hingga pingsan.

Bagaimana pencegahan pada angioedema?

Untuk menurunkan kemungkinan mengalami angioedema atau gatal – gatal lakukan tindakan pencegahan, diataranya yaitu :

  • Hindari pemicu atau penyebab yang diketahui, jika Anda tahu apa yang memicu atau apa yang menyebabkan gatal – gatal, cobalah untuk menghindari hal itu.
  • Mandi serta ganti baju, jika serbuk sarti ataupun kontak hewan yang memicu atau menyebabkan gatal – gatal, segeralah mandi atau membersihkan diri, dang anti pakaian.