Hidup Sehat

Beberapa Manfaat Kapur Barus untuk Di Rumah

DIsamping menghilangkan bau, kapur baru bisa meredakan nyeri

Kapur barus adalah bola kecil pestisida kimia dan deodoran. Kapur barus memiliki manfaat ketika digunakan saat menyimpan pakaian dan barang-barang lainnya yang rentan terhadap kerusakan dari larva ngengat moldor (terutama ngengat pakaian seperti Tineola bisselliella).

Banyak orang bertanya apa sebenarnya kegunaan dari kapur barus? Kapur barus ternyata sangat efektif untuk menghilangkan ngengat dari rumah Anda. Selain itu, masih ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari kapur barus, sehingga banyak orang tertarik untuk menggunakannya.

Ngengat merupakan serangga yang dapat menyebabkan kerusakan pada properti Anda, ngengat juga biasanya merusak pakaian Anda atau banyak barang lain di rumah Anda sendiri. Oleh karena kapur barus digunakan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Berikut adalah beberapa manfaat kapur barus yang perlu Anda tahu:

  • Menghilangkan ngengat sepenuhnya

Manfaat utama yang bisa Anda dapatkan dari kapur barus adalah menghilangkan ngengat. Kapur barus sendiri terbuat dari naftalena yang dapat berbahaya bagi ngengat. Bahan ini berasal dari beberapa produk kimia yang dapat menyebabkan beberapa efek fatal pada hewan tertentu, termasuk ngengat. Namun Anda disarankan untuk tidak menaruh kapur barus di ruang terbuka, karena baik untuk lingkungan dan bisa menjadi gangguan yang menarik bagi anak-anak dan hewan peliharaan Anda. 

  • Menghilangkan serangga lain dengan cepat

Kapur barus juga dapat digunakan untuk mengeluarkan serangga lain dari rumah Anda, misalnya kecoa, kutu busuk, nyamuk, dan beberapa hewan lainnya. Kapur barus mengandung naftalena yang dapat berbahaya bagi hewan-hewan ini. Namun Anda harus berhati-hati dengan bahan ini, karena juga dapat menyebabkan beberapa reaksi alergi pada beberapa orang.

  • Mencegah kerusakan pada pakaian Anda

Ngengat dapat menyebabkan beberapa masalah pada pakaian Anda, mereka biasanya memakan beberapa bagian atau bahan pakaian Anda. Akibatnya, pakaian Anda bisa langsung rusak. Jika Anda ingin mempertahankan kualitas pakaian Anda, Anda dapat meletakkan kapur barus di lemari Anda.  

Meskipun kapur barus tidak masalah untuk digunakan sesuai petunjuk untuk menjaga pakaian Anda aman dari ngengat pakaian, harap perhatikan bahwa kapur barus tidak aman ketika digunakan untuk penggunaan lain yang tidak berlabel dan ilegal.

Kapur barus memiliki berbagai manfaat, produk ini merupakan hampir 100% bahan aktif, dan bahan aktif tersebut dapat berupa naftalena atau paradichlorobenzene. Setiap bahan aktif dapat menyebabkan efek kesehatan yang berbeda jika paparannya cukup tinggi. Oleh karena itu, Anda tetap disarankan untuk memakai kapur barus dengan berhati-hati.