Uncategorized

Beberapa Pertolongan Pertama Sakit Kepala Pada Anak yang Bisa Dilakukan di Rumah

tidak enak badan, santai hari ini - kid headache potret stok, foto, & gambar bebas royalti

“Ketika sakit kepala menyerang maka bisa menimbulkan rasa tidak nyaman untuk melanjutkan aktivitas. Begitu pula bila sakit kepala terjadi pada anak-anak. Oleh karena itu, ketahuilah pertolongan pertama sakit kepala pada anak.”

Sakit kepala tidak hanya dialami oleh orang dewasa, sebanyak 1 dari 5 anak di usia sekolah dan remaja cenderung mengalaminya juga. Sakit kepala tegang merupakan jenis sakit kepala yang sering terjadi di kalangan anak dan remaja. Namun, sekitar 5% dari mereka mengalami jenis sakit kepala migrain, dan beberapa di antaranya masih berusia 4 tahun.

Mungkin Anda akan merasa curiga dan khawatir ketika sakit kepala terjadi pada anak, Anda takut akan terjadi masalah yang lebih serius. Padahal, tidak semua sakit kepala mengindikasikan suatu penyakit serius. Jika sakit kepala tidak dibarengi dengan gejala lainnya, maka Anda bisa sedikit meredakan rasa khawatir tersebut. 

Ketika ia mengalami sakit kepala, maka kenali penyebab dan pertolongan pertama sakit kepala pada anak.

Penyebab sakit kepala pada anak

Sakit kepala pada anak biasanya dikarenakan penyakit, infeksi, atau demam. Misalnya, sinusitis yang kambuh akan membuat anak Anda merasakan sakit kepala.

Namun, berbeda jika sakit kepala yang dialami adalah migrain. Dokter tidak bisa menentukan secara pasti apa penyebab munculnya migrain, tetapi mereka tahu bahwa migrain berkaitam dengan perubahan fisik dan zat kimiawi di otak. Selain itu, migrain juga bisa terjadi karena faktor genetika.

Sekitar 7 dari 10 anak yang menderita migrain memiliki anggota keluarga dengan riwayat yang serupa. Sedangkan penyebab lainnya bisa berasal dari stres, cemas, depresi, dan hal yang menganggu lainnya.

Lalu, pada sakit kepala tegang disebabkan karena adanya rasa emosional, lelah mata,dan ketegangan di leher dan punggung karena postur tubuh yang buruk.

Kebanyakan sakit kepala tidak berbahaya, akan tetapi jika memburuk seiring berjalannya hari, maka itu bisa menjadi tanda ada masalah yang lebih serius.

Perawatan sakit kepala di rumah

Melakukan perawatan sederhana di rumah bisa dijadikan sebagai pertolongan pertama sakit kepala pada anak, jika sakit kepala yang dialami tidak dibarengi dengan gejala lainnya. 

Anda bisa menggunakan pengobatan rumahan atau langsung mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas di pasaran. Namun, jika anak Anda tidak ingin mengonsumsi obat, maka bisa mencoba beberapa cara di bawah ini sebagai pertolongan pertama sakit kepala pada anak.

Untuk sakit kepala tegang:

  • Mintalah anak untuk berbaring dengan posisi kepala sedikit lebih terangkat
  • Mandi dengan air hangat
  • Kompres dengan air hangat atau dingin di dahi dan leher

Sedangkan sakit kepala migrain:

  • Ajak anak berbaring di ruangan yang tenang dan gelap dengan posisi yang rileks
  • Tarik dan hembuskan napas secara perlahan agar ia merasa tenang
  • Kompres air dingin atau hangat di dahinya.

Selain tips sederhana di atas, dokter juga menyarankan untuk segera mengonsumsi obat migrain sesaat migrain datang.

Obat alami juga bisa digunakan untuk pertolongan pertama sakit kepala pada anak. Studi menunjukkan bahwa vitamin atau obat herbal tertentu bisa mengurangi rasa sakit atau frekuensi sakit kepala. Beberapa di antaranya:

  • Vitamin B2 atau riboflavin

Pertolongan pertama sakit kepala pada anak dengan menggunakan vitamin adalah mengonsumsi vitamin B2. Suplemen ini bisa mencegah beberapa jenis sakit kepala.

  • Magnesium

Anak-anak yang mengalami migrain bisa mengindikasikan bahwa ia kekurangan magnesium. Dengan mengonsumsi magnesium maka bisa mencegah anak Anda mengalami migrain selama beberapa bulan.

Namun, bila Anda menggunakan magnesium sebagai pertolongan pertama sakit kepala pada anak, jangan lupa untuk mengonsultasikannya terlebih dahulu karena kandungan ini bisa menyebabkan diare dan menganggu kinerja beberapa obat.

Perawatan sakit kepala dengan dokter

Ketika anak Anda mengidap suatu penyakit, maka menghubungi dan berkonsultasi dengan dokter juga bisa menjadi pertolongan pertama sakit kepala pada anak. 

Nantinya, dokter akan menyarankan pengobatan yang disesuaikan dengan jenis sakit kepala yang dialami, tentunya hal ini bisa berbeda-beda. Faktor perbedaan lainnya juga disebabkan oleh, seberapa sering sakit kepala terjadi, apa penyebabnya, usia dan jenis kelamin anak Anda.

Jadi, itulah seputar jenis sakit kepala dan pertolongan pertama sakit kepala pada anak. Bila anak Anda terlalu sering mengalami sakit kepala, Anda tidak perlu khawatir karena mereka bisa membaik seiring bertambahnya usia. Namun, tidak menutup kemungkinan sakit kepala datang kembali, apalagi bila dipicu oleh hal-hal tertentu.