Penyakit

Berbagai Cara Mengobati Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang

Gusi Anda sangat penting untuk kesehatan mulut. Gusi terbuat dari jaringan kuat dan berwarna merah muda yang menutupi tulang rahan. Jaringan tersebut sangat tebal, berserat, dan dipenuhi oleh pembuluh darah. Apabila gusi Anda menjadi bengkak, gusi akan tampak menonjol. Pembengkakan pada gusi biasanya berawal di daerah di mana gusi bertemu dengan gigi. Namun, gusi Anda dapat membengkak dan menutupi bagian gigi.

ada beberapa rekomendasi obat gusi bengkak di apotik yang ampuh

Gusi yang bengkak akan tampak berwarna merah. Gusi yang bengkak sering iritasi, sensitif, dan menyebabkan rasa nyeri. Anda juga akan memperhatikan bahwa gusi bengkak mudah berdarah ketika Anda menyikat gigi dan melakukan flossing. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari gigi berlubang hingga infeksi. Artikel ini akan membahas cara mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang. 

Cara mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang dapat dimulai dengan mempraktekkan beberapa “home remedies” atau perawatan rumahan alternatif. Adapun hal-hal yang bisa Anda lakukan di antaranya adalah:

  • Obat kumur antiseptik

Cara merawat gusi bengkak karena gigi berlubang yang pertama adalah dengan menggunakan obat kumur antiseptik. Obat kumur jenis ini tidak dapat membersihkan plak dan karang gigi, namun dapat membantu mengontrol penumpukan bakteri plak tambahan. Obat kumur antiseptik tersedia dalam bentuk OTC atau over-the-counter di apotek. Carilah produk yang mengandung bahan dengan sifat antiseptik yang kuat, seperti cetylpyridinium chloride. Terkadang, dokter gigi akan meresepkan obat kumur antiseptik yang mengandung chlorhexidine, yang mana dianggap sebagai bahan paling efektif dalam mengatasi gusi bengkak. 

  • Berkumur menggunakan air garam

Sebuah studi tahun 2016 menginvestigasi efek berkumur menggunakan air garam terhadap pemulihan luka di gusi. Dalam studi tersebut, para peneliti mengambil sel gingival fibroblast dari gigi donor. Sel tersebut membuat jaringan penghubung pada gigi. Setelah melakukan isolasi terhadap sel yang rusak, para peneliti membilasnya dengan menggunakan larutan air garam selama 2 menit, tiga kali sehari. Mereka menemukan bahwa larutan air garam dengan konsentrasi 1,8 persen adalah yang paling efektif dalam meningkatkan tingkat pemulihan luka. Anda bisa membuat larutan air garam yang efektif dengan mencampur satu sendok teh air pada satu cup rebusan air yang telah didinginkan. Berkumurlah menggunakan larutan tersebut tiga hingga 4 kali setiap harinya. 

  • Berkumur menggunakan rempah atau herbal

Sebuah studi tahun 2014 menginvestigasi efek anti-plak dan anti-gingivitis pada obat kumur herbal yang mengandung minyak pohon teh, cengkeh, dan kemangi. Bahan-bahan tersebut memiliki sifat anti-bakteri dan anti-peradangan. Para peneliti membagi 40 peserta ke dalam dua kelompok Kelompok pertama menggunakan obat kumur yang tersedia di pasaran selama 21 hari, sementara kelompok yang lain menggunakan obat kumur herbal. Hasil menunjukkan bahwa obat kumur herbal sama baiknya dengan obat kumur di pasaran. Para peserta dari kedua kelompok menunjukkan peningkatan kesehatan gusi, seperti berkurangnya plak dan peradangan gusi. 

  • Ibuprofen

Obat penghilang rasa nyeri, seperti ibuprofen, dapat membantu mengurangi nyeri gusi pada saat seseorang mendapatkan perawatan abses gigi dan penyakit periodontal. 

Cara mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang di atas patut untuk dicoba. Gusi bengkak pada satu gigi disebabkan oleh banyak hal, tidak hanya gigi berlubang saja. Beberapa kondisi lain di antaranya adalah kebersihan mulut yang buruk dan penyakit periodontal. Anda harus mengunjungi dokter gigi apabila pembengkakan terus menerus terjadi selama lebih dari 1 minggu. Anda juga perlu mencegah gusi bengkak dengan menjaga kesehatan mulut dengan rutin menyikat gigi dan mengunjungi dokter gigi 6 bulan sekali.