Kesehatan Kulit

Caladine Baby Efektif Atasi Gatal Pada Bayi

Bayi Anda dapat mengembangkan benjolan pada kulit tanpa sebab yang jelas. Kondisi tersebut dapat berupa gatal-gatal, atau dikenal sebagai urticaria dalam dunia medis. Bercak timbul pada kulit dengan warna merah dan bengkak biasanya akan hilang dalam beberapa jam atau hari. Urticaria juga akan terasa sangat gatal, dan membuat bayi rewel atau sering menggaruk bagian tubuh tertentu. 

Gatal-gatal biasanya akan muncul ketika bayi melakukan kontak langsung dengan alergen, menderita infeksi, mendapatkan gigitan serangga, atau tersengat lebah. Apabila anak Anda cukup usia, obat-obatan seperti antihistamine dapat membantu merawat gatal-gatal. Namun, Anda juga bisa menggunakan Caladine baby untuk bayi yang masih belum cukup umur. Dalam banyak kasus, gatal-gatal juga akan sembuh dengan sendirinya. 

Gunakan Caladine baby apabila bayi Anda menunjukkan gejala adanya gatal-gatal. Gejala yang muncul biasanya berupa benjolan timbul dengan ukuran yang beragam pada kulit dan berwarna merah atau merah muda dengan warna putih di tengahnya, pembengkakan pada kulit, gatal-gatal pada kulit, dan sensasi tersengat atau terbakar. Gatal-gatal pada kulit bayi mungkin akan terlihat seperti bekas gigitan serangga. 

Gatal-gatal bisa berada dalam satu tempat di tubuh anak atau menyebar ke seluruh tubuh. Daerah tubuh anak yang sering menderita gatal-gatal di antaranya adalah wajah, tangan, kaki, dan daerah kemaluan, namun gatal-gatal juga bisa menyebar ke daerah lain tubuh. Gatal-gatal juga bisa menghilang dari satu tempat untuk kemudian muncul kembali di bagian tubuh lain dalam waktu yang singkat. 

Bayi dapat menderita gatal-gatal dalam waktu yang berbeda. Gatal-gatal akut dapat bertahan dari satu minggu hingga beberapa minggu. Bahkan terkadang gatal-gatal dapat bertahan selama lebih dari 6 minggu, yang kemudian akan dikenal dengan sebutan gatal-gatal kronis. 

Gatal-gatal juga bisa memengaruhi tidak hanya permukaan kulit saja. Gejala selain yang menyerang kulit di antaranya adalah mual, muntah, dan nyeri perut. Penting untuk diingat bahwa gatal-gatal dapat menjadi tanda adanya kondisi yang lebih serius yang dikenal dengan sebutan anaphylaxis. Meskipun jarang ditemukan pada bayi, anaphylaxis merupakan reaksi yang sangat parah dan dapat menyebabkan bayi menderita kesulitan bernapas, pembengkakan tenggorokan, dan hilangnya kesadaran. Anaphylaxis membutuhkan perawatan medis secepatnya. 

Gatal-gatal terjadi ketika tubuh bayi melepaskan histamine sebagai reaksi terhadap kontak langsung dengan faktor internal atau eksternal seperti infeksi virus, infeksi bakteri, makanan, obat-obatan, faktor lingkungan, gigitan serangga atau sengatan lebah, alergen lainnya, dan kondisi autoimun. Infeksi pernapasan atas, virus gastrointestinal, dan bahkan demam dapat memicu terjadinya gatal-gatal. Bayi dan anak-anak berkemungkinan lebih tinggi menderita gatal-gatal akut akibat virus dibandingkan dengan orang dewasa.

Bayi juga dapat bereaksi terhadap makanan yang disentuh atau dicerna. Pastikan ibu memerhatikan reaksi alergi dari makanan seperti kacang ataupun telur. Beberapa obat-obatan dapat memicu terjadinya gatal-gatal. Beberapa obat tersebut di antaranya adalah antibiotik dan obat anti-peradangan non-steroid. Lingkungan yang dingin atau panas atau perubahan yang terjadi di lingkungan juga dapat memicu terjadinya gatal-gatal. Serbuk sari dan iritan lainnya seperti pewangi dan zat kimia juga dapat memicu terjadinya alergi. 

Dalam kasus yang ringan, gatal-gatal akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari. Anda bisa menggunakan produk seperti Caladine baby untuk mengatasi gatal-gatal yang mengganggu tersebut. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memberi anak obat-obatan tertentu mengingat kebanyakan obat tidak memiliki instruksi dosis yang dianjurkan untuk bayi.