Rumah sakit

Begini Cara Turun Kelas BPJS Kesehatan via Mobile JKN

Sebelum jauh mengulas cara turun kelas BPJS Kesehatan, ketahuilah bahwa iuran BPJS Kesehatan secara rutin diperbarui oleh pemerintah. Yang terbaru, iuran BPJS Kesehatan mengalami perubahan pada awal tahun 2020.

Perlu diketahui bahwa besaran iuran BPJS Kesehatan merujuk pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 64 Tahun 2020 tentang Jaminan Kesehatan. Ketentuan bagi peserta mandiri pun diatur dalam Pasal 34 Perpres Nomor 64 Tahun 2020.

Menindaklanjuti hal tersebut, BPJS Kesehatan pun memberikan kelonggaran masyarakat untuk menurunkan kelas kartu JKN-KIS agar tidak semakin membebani kondisi perekonomian peserta yang sudah terdampak dengan segala hal.

Lebih lanjut, perpindahan turun kelas BPJS Kesehatan tersebut bisa dilakukan secara mudah. Bahkan, apabila ingin mengubah menjadi turun kelas BPJS Kesehatan, Anda bisa lakukan hal tersebut secara daring atau online. Jadi, hal tersebut sangat memudahkan peserta sehingga mereka tidak perlu mengajukan hal tersebut secara langsung di masing-masing kantor cabang terdekat dengan domisili. 

Cara Turun Kelas BPJS Kesehatan melalui Aplikasi Mobile JKN

  1. Yang pertama, Anda perlu mengunduh aplikasi Mobile JKN pada Google Play Store maupun App Store.
  2. Bagi pengguna baru, Anda dapat terlebih dulu mendaftarkan akun pada akun JKN tersebut. 
  3. Caranya cukup mudah, Anda dapat memilih menu “Daftar”, kemudian pilihlah opsi “Aktivasi Akun”.
  4. Pada tahapan selanjutnya, Isilah berbagai kolom yang tertera pada aplikasi tersebut yang terdiri atas nomor kartu BPJS Kesehatan, nomor induk keluarga (NIK), alamat e-mail, hingga lanjutkan untuk memilih “Register”.
  5. Langkah selanjutnya, Anda akan dimintai untuk memasukkan kode verifikasi pada gadget Anda. Segeralah cek e-mail Anda untuk mengetahui lima digit kode tersebut. 
  6. Setelah akun Anda berhasil didaftarkan, Anda dapat langsung melakukan proses login pada akun.
  7. Berikutnya, Anda dapat memilih opsi “Ubah Data Peserta” pada laman beranda aplikasi JKN. 
  8. Kemudian, pilihlah opsi “Kelas” dan gantilah opsi tersebut untuk menurunkan status kelas BPJS Anda.

Namun, apabila Anda mengalami kendala dalam mengubah status atau kelas BPJS Kesehatan secara daring, peserta JKN-KIS bisa menghubungi call center BPJS di 1500 400 atau pengaduan secara online melalui Telegram di nomor 08118750400. 

Selain secara daring, Anda juga bisa mengajukannya secara langsung untuk mendatangi kantor BPJS Kesehatan terdekat sesuai domisili Anda. Namun, pelayanan secara langsung hanya bisa dilakukan untuk hal-hal yang terdesak saja. Sebab, di tengah pandemi, protocol kesehatan tetap diterapkan secara ketat termasuk menerapkan physical distancing. 

Penambahan jumlah iuran BPJS Kesehatan bagi peserta mandiri

Perlu diketahui bahwa penambahan iuran tersebut berlaku pada semua kelas BPJS Kesehatan. Salah satunya, pada peserta mandiri kelas III ditetapkan sebesar Rp 42.000 per bulan. 

Namun, Anda juga harus memahami bahwa tariff tersebut terdiri atas dua komponen, yaitu BPJS Kesehatan subsidi dari pemerintah dan yang dibayarkan oleh peserta.  

Perlu diketahui juga bahwa iuran BPJS Kesehatan pada peserta mandiri kelas III membayar sebesar Rp 25.000 setiap bulan karena mereka telah menerima subsidi pemerintah sebesar Rp 16.500.

Berdasar jumlah subsidi yang diberikan tersebut, iuran total BPJS Kesehatan setiap peserta sebesar Rp 42.000. lebih lanjut, subsidi itu kini berkurang menjadi Rp 7.000 setiap orang per bulannya mulai 1 Januari 2021. 

Atas dasar tersebut, per bulannya, peserta kelas III BPJS Kesehatan harus membayar iuran BPJS Kesehatan sebesar Rp 35.000 sesuai ketentuan yang sudah ditetapkan. Setiap tanggal 10 setiap bulannya, peserta harus membayar iuran tersebut karena itu merupakan ketentuan pembayaran yang paling lambat. 

Rincian lengkap iuran BPJS Kesehatan terbaru

Iuran ini bagi peserta mandiri pekerja bukan penerima upah (PBPU) dan bukan pekerja (BP). 

  • Kelas I: Rp 150.000
  • Kelas II: Rp 100.000
  • Kelas III: Rp 35.000

Karena itu, bagi Anda yang ingin mengubah status kepesertaan tersebut, pahamilah cara turun kelas BPJS Kesehatan. Apalagi Anda semakin dipermudah dengan pengajuan atau pengubahan secara online melalui Aplikasi Mobile JKN.