Bayi & Menyusui

Clodi Bayi atau Popok Biasa, Mana yang Lebih Baik?

Clodi bayi atau popok kain adalah jenis popok yang bisa dipakai berulang kali. Karena terbuat dari kain, setelah dipakai, Anda tidak bisa langsung membuangnya melainkan mencucinya terlebih dahulu untuk dipakai kembali di kemudian hari.

Clodi bayi dapat dicuci dan digunakan berkali-kali.

Perbedaan utama clodi ada pada bahan yang digunakannya. Tidak seperti popok sekali pakai, popok kain dibuat dari campuran berbagai macam bahan kain yang tak jauh berbeda dengan kain pada pakaian bayi secara umum. 

Perbedaan clodi bayi dengan popok biasa

Selain berbeda dari segi bahan dasar, ada perbedaan lain yang cukup signifikan antara popok kain dengan popok sekali pakai pada umumnya. 

  • Popok sekali pakai

Popok sekali pakai umumnya terbuat dari bahan yang sangat ringan dan tipis, namun tetap memiliki daya serap yang tinggi. Karena sangat ringan, maka popok ini tidak memberatkan saat dibawa bepergian.

Selain itu, ringannya popok sekali pakai juga memudahkan Anda untuk membuangnya langsung setelah digunakan. 

Pada popok sekali pakai, umumnya ada kandungan kimiawi yang digunakan dalam proses pembuatannya. Kandungan ini meliputi parfum, chlorine, dan latex yang merupakan bahan dasar umum pada pengolahan popok.

  • Clodi bayi

Clodi pada dasarnya terbuat dari campuran berbagai macam bahan kain. Bahan kain ini bisa saja merupakan kain katun, nilon, serat mikro, wol, maupun rami. 

Di satu sisi, popok kain tidak dibuat dengan penambahan berbagai macam bahan kimia. Hal ini tentu lebih baik untuk kesehatan kulit bayi Anda. 

Akan tetapi, salah satu kekurangannya adalah popok kain cenderung meninggalkan aroma yang kurang sedap. Apalagi jika Anda tidak bisa membersihkannya dengan benar-benar maksimal. 

Tentunya, baik popok kain maupun popok biasa sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda bebas memilih jenis popok yang ingin diberikan pada bayi Anda sesuai dengan kebutuhan.

Panduan memilih popok kain untuk bayi

Apabila Anda sudah memutuskan untuk memberikan popok kain bagi bayi Anda, maka pastikan Anda memilih jenis popok yang sesuai kebutuhan. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan:

  • Jenis popok kain yang dipilih

Perlu diketahui, tidak semua popok kain memiliki fitur yang sama. Ada berbagai macam jenis popok kain yang memiliki fungsi berbeda-beda.

Ada popok berjenis hybrid yang lebih praktis dan memiliki daya serap tinggi. Ada juga clodi bayi yang dilengkapi dengan fitur saku untuk menambahkan sisipan guna meningkatkan daya serap dan menebalkan popok.

  • Bahan kain yang digunakan

Pemilihan bahan kain juga perlu Anda pertimbangkan ketika akan memilih clodi. Bahan kain yang buruk bisa menyebabkan kulit bayi Anda rentan mengalami iritasi. 

Setiap jenis bahan kain memiliki kelebihan masing-masing. Misalnya, bahan kain dari kapas cenderung lebih lembut, tapi rentan terhadap kebocoran. Sedangkan, bahan kain poliester memiliki harga yang terjangkau dan tahan air, namun rentan membuat kulit kesulitan untuk bernapas. 

  • Harga popok

Tentunya, Anda juga perlu mempertimbangkan harga popok kain yang akan dibeli. Pilihlah harga yang dengan kualitas yang seimbang. 

Apabila bayi Anda memiliki alergi kulit, maka tidak ada salahnya mencoba untuk menggunakan popok yang lebih mahal demi keamanan dan kesehatan bayi.

Jangan ragu untuk menggunakan clodi bayi sebagai pengganti popok sekali pakai. Anda bisa memberikan dampak positif bagi lingkungan, karena mengurangi tambahan sampah dengan tidak membuat popok sekali pakai secara berkala.