Kehamilan

CPD Panggul Sempit, Masalah Ketika Melahirkan

Cephalopelvic disproportion (CPD) adalah masalah medis yang dapat muncul saat melahirkan. Kondisi ini terjadi ketika bayi mengalami kesulitan untuk melewati jalan lahir. Bayi mungkin sangat besar atau dalam posisi persalinan yang sulit, atau panggul ibu mungkin terlalu sempit untuk bayi dapat lewat dengan selamat.

Sebenarnya CPD panggul sempit terjadi ketika ukuran kepala bayi dan panggul ibu tidak cocok, sehingga bayi sulit atau tidak mungkin dapat melewatinya. Hal ini sangat jarang terjadi. Namun, masalah lain, seperti posisi tubuh atau kepala bayi di dalam rahim, dapat menyebabkan persalinan berlangsung lambat atau berhenti berkembang. Komplikasi ini juga dapat menyebabkan persalinan terhambat dan terkadang dianggap CPD.

Kebanyakan wanita, termasuk ibu mungil, dapat dengan aman melahirkan bayi meskipun dokter yakin bayinya mungkin besar. Panggul fleksibel untuk menampung kelahiran, dan tulang di kepala bayi dirancang untuk berubah bentuk saat melahirkan. CPD biasanya didiagnosa selama persalinan ketika bayi tidak berkembang secara alami melalui proses kelahiran.

Dokter akan mencurigai Anda memiliki CPD panggul sempit jika:

  • Persalinan berlangsung lama atau berlangsung lebih lama dari yang diharapkan.
  • Kontraksi uterus tidak cukup kuat untuk membuat persalinan terus berjalan.
  • Penipisan dan pelebaran serviks terjadi secara perlahan atau tidak terjadi sama sekali.
  • Kepala bayi tidak menempel atau memasuki panggul.
  • Bayi tidak bergerak ke bawah melalui stasiun panggul.

Karena CPD biasanya tidak terdiagnosis sampai timbul masalah selama persalinan, hal ini sulit untuk dicegah. Namun, dokter Anda akan memeriksa Anda dan memantau bayi Anda selama kehamilan Anda. Jika dokter mencurigai bahwa CPD bisa menjadi masalah, karena panggul Anda sempit, dokter akan mendiskusikan pilihan dengan Anda.

Perawatan untuk CPD adalah melanjutkan persalinan atau melanjutkan ke operasi caesar. Tujuan pengobatan adalah agar persalinan aman, sehingga dokter akan memutuskan bagaimana menangani kondisi tersebut berdasarkan bagaimana persalinan Anda berlangsung.

Jika Anda memiliki panggul sempit dan pernah mengalami CPD pada persalinan sebelumnya, dokter akan lebih siap untuk membuat rencana persalinan dengan Anda untuk mencegah komplikasi pada persalinan berikutnya.

Menghadapi CPD selama persalinan jarang terjadi. Tapi, masih wajar jika Anda merasa sedikit cemas, apalagi jika Anda merasa memiliki panggul sempit atau kecil. Jika Anda khawatir, Anda dapat berbicara dengan dokter Anda tentang kekhawatiran Anda.