Bayi & Menyusui

Manfaat Cup Feeder Bayi Dibandingkan Botol Susu

Belakangan, cup feeder bayi mulai dipilih oleh banyak ibu yang bekerja. Hal ini karena cup feeder memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk mencegah bayi mengalami bingung puting. 

Selain itu, cup feeder bayi juga berguna untuk bayi yang lahir prematur dan belum bisa menyusu serta bayi yang sedang sakit, sehingga sulit menyusu langsung pada ibunya. 

Dibandingkan botol, memberikan susu melalui cup feeder juga lebih mudah, praktis, serta gampang dibersihkan. Tak heran jika dalam waktu belakangan, penggunaan cup feeder bayi cukup ngetren. 

Manfaat cup feeder bayi

Sebagai bahan pertimbangan, untuk kamu yang bingung apakah akan memberikan bayi cup feeder atau botol susu, berikut ini beberapa manfaat dari penggunaan cup feeder bayi. 

  • Cocok digunakan untuk bayi yang lahir prematur

Cup feeder biasanya sangat direkomendasikan untuk bayi yang lahir prematur yakni pada usia kandungan 29 minggu. Metode ini juga bisa membantu bayi yang memiliki berat badan lahir rendah atau memiliki masalah medis tertentu, seperti bibir sumbing.

  • Solusi untuk bayi yang tidak mau menyusu langsung

Pada beberapa kasus ditemukan bayi yang tidak bisa menyusu langsung pada ibunya. Hal ini bisa terjadi karena puting yang rata, sehingga bayi kesulitan mengisap atau karena masalah mastitis. 

Salah satu solusinya adalah dengan memberikan ASI melalui cup feeder bayi. Dengan cara ini, bayi pun tidak akan mengalami bingung puting. 

  • Mengurangi risiko pertumbuhan gigi yang tidak normal

Salah satu penyebab pertumbuhan gigi yang terganggu pada anak adalah penggunaan dot. Dengan menggunakan cup feeder bisa mencegah pertumbuhan gigi yang tidak normal pada bayi. 

Hal ini disebabkan karena cup feeder diberikan dengan cara menghisap layaknya menghisap puting susu ibu, sehingga cukup aman. 

Selain itu, penggunaan botol susu biasanya juga membuat gigi terendam susu yang bisa menyebabkan gigi bayi jadi bolong dan keropos. 

  • Bayi belajar menggunakan cangkir

Penggunaan cup feeder sejak dini juga bisa membantu bayi belajar minum dari gelas dengan cepat. Hal ini karena bentuk cup feeder memang seperti gelas kecil. Sehingga saat sudah besar, anak tidak kesulitan lagi ketika minum langsung dari gelas. 

  • Murah

Selain membantu bayi dari bingung puting, cup feeder juga memiliki harga yang relatif murah dibandingkan dengan botol susu. Selain itu, cup feeder juga lebih praktis, ringkes, dan mudah dibersihkan. 

Cara menggunakan cup feeder yang tepat agar tidak tersedak

Bentuk cup feeder yang seperti cangkir bisa meningkatkan risiko tersedak pada bayi. Apalagi jika penggunaannya tidak berhati-hati.

Untuk mencegahnya, berikut ini beberapa cara penggunaan cup feeder yang tepat pada bayi agar tidak tersedak. 

  • Letakkan bayi di pangkuan dengan memegang bagian leher serta punggung agar tidak bergeser. Pastikan posisi bayi dalam keadaan nyaman, sehingga mencegah bayi bergerak yang bisa menyebabkan bayi tersedak atau cup feeder terjatuh. 
  • Secara perlahan, dekatkan cup feeder pada mulut bayi dan minumkan ASI dengan hati-hati dan sedikit demi sedikit. 
  • Apabila bayi sulit menjangkau, miringkan cup feeder sedikit hingga ASI bisa terjangkau dan bisa dihisap oleh bayi. 
  • Tuang ASI perlahan ke dalam mulutnya dan biarkan bayi menghisap ASI sesuai dengan kebutuhannya. Apabila sudah kenyang, biasanya ia akan menutup mulutnya. 

Nah, itu dia beberapa manfaat penggunaan cup feeder yang bisa jadi referensimu. Apabila penggunaan dot terlalu ribet apalagi saat mencucinya, sebaiknya gunakan cup feeder yang lebih praktis dan juga murah.