Uncategorized

Faktanya, Manfaat Kalsium Sangat Penting Bagi Anak – Anak!

Memastikan kebutuhan kalsium anak tercukupi dengan baik merupakan hal yang penting. Sebab, manfaat kalsium merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan tubuh untuk menunjang pertumbuhan anak. Pemenuhan kalsium ini bisa didapatkan salah satunya dengan mengkonsumsi SGM Eksplor 3 Plus Susu Pertumbuhan 3-5 Tahun.

Dampak kekurangan kalsium sangat beragam, mulai dari gangguan pertumbuhan hingga peningkatan risiko terjadinya penyakit pada anak. Oleh karena itu, penting bagi Anda memperhatikan asupan kalsium anak sejak dini. 

Banyak peran yang dimiliki kalsium dalam menunjang tumbuh kembang anak. Berikut beberapa manfaat kalsium bagi anak di antaranya.

  1. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Dikutip dari Healthy Kids Association, tulang disebut sebagai bank kalsium. Jika tidak ada cadangannya, tubuh menarik kalsium dari tulang untuk memenuhi kebutuhan lainnya. Apabila dilakukan secara terus-menerus, tulang bisa lebih mudah rapuh dan patah, sehingga risiko osteoporosis pun meningkat. 

  1. Mengoptimalkan Tinggi Badan Anak

Selain itu, pertumbuhan tinggi badan secara signifikan terjadi pada usia anak-anak. Tinggi badan seorang anak bisa bertambah sekitar 5-6 sentimeter per tahun sejak ia berusia dua tahun sampai masa pubertas. Dengan mengonsumsi kalsium yang cukup, anak akan mengalami pertumbuhan tinggi badan yang maksimal. Ingatkan juga anak untuk berolahraga secara rutin dan istirahat yang cukup untuk membantu pertumbuhan tinggi badannya.

  1. Meningkatkan Kecerdasan Anak

Tidak hanya berguna untuk pertumbuhan tulang, kalsium juga membantu perkembangan sistem saraf dan fungsi otot tubuh anak. Kalsium terlibat langsung dalam proses kontraksi otot dan penghantaran sinyal-sinyal pada sistem saraf di otak. Hal ini berpengaruh pada kecerdasan anak karena sistem saraf yang sehat akan membuat anak cepat menerima informasi.

  1. Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Kalsium juga membantu mengaktifkan enzim-enzim penting dalam tubuh untuk menghasilkan energi dan memperkuat sistem imun tubuh, sehingga anak terhindar dari berbagai penyakit. Anak-anak yang kekurangan kalsium biasanya akan terlihat lemah, lesu, sering berkeringat, mengalami nyeri perut, kram otot, dan susah tidur.

  1. Menjaga Sistem Kardiovaskular

Dilansir dari Medical News Today, kalsium berperan penting dalam proses pembekuan darah. Peran kalsium dalam fungsi otot termasuk mempertahankan otot jantung. Mineral ini juga dapat mengendurkan otot polos yang mengelilingi pembuluh darah. 

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda terhadap mineral ini tergantung dengan usia dan jenis kelaminnya. Menurut Peraturan Menteri Kesehatan tahun 2019, di bawah ini angka kecukupan gizi kalsium per hari.

  • Bayi 0 – 5 bulan: 200 miligram
  • Bayi 6 – 11 bulan: 270 miligram
  • Anak-anak 1 – 3 tahun: 650 miligram
  • Anak-anak 4 – 9 tahun: 1.000 miligram
  • Laki-laki 10 – 18 tahun: 1.200 miligram
  • Laki-laki 19 – 49 tahun: 1.000 miligram
  • Perempuan 10 – 18 tahun: 1.200 miligram
  • Perempuan 19 – 49 tahun: 1.000 miligram
  • 50 tahun ke atas: 1.200 miligram

Fungsi kalsium dalam tubuh kembang anak dapat berjalan dengan semestinya, jika kebutuhan kalsium harian anak dapat terpenuhi dengan baik. Apabila tak terpenuhi, anak bisa mengalami

  1. Pertumbuhan yang tidak maksimal

Anak yang asupan kalsiumnya tidak tercukupi dengan baik akan mengalami pertumbuhan yang kurang maksimal, termasuk tinggi badannya. Anak yang kekurangan kalsium biasanya akan lebih pendek, jika dibandingkan dengan anak yang kebutuhan kalsiumnya terpenuhi dengan baik.

  1. Menderita kelainan tulang

Kekurangan kalsium dan vitamin D pada anak bisa menyebabkan terjadinya rakitis. Penyakit ini ditandai dengan tekstur tulang yang lunak dan rapuh. Selain itu, pertumbuhan anak akan terhambat, serta dapat terjadi nyeri atau kelemahan otot.

  1. Risiko osteoporosis di masa tua

Anak -anak yang kebutuhan kalsiumnya tidak tercukupi dengan baik lebih berisiko untuk mengalami patah tulang. Kemungkinan untuk mengalami osteoporosis di masa tua juga akan semakin besar. Selain itu, kekurangan kalsium di masa kecil juga bisa menyebabkan terjadinya osteoporosis pada anak.

Itulah manfaat kalsium untuk anak yang begitu besar untuk tumbuh dan kembangnya. Jadi, sebisa mungkin untuk memenuhi batas kalsium yang dibutuhkan setiap harinya. Salah satu usaha untuk pemenuhan kalsium adalah dengan mengonsumsi susu SGM Eksplor 3 Plus. Anda bisa mendapatkan susu ini melalui SehatQ.