Hidup Sehat

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Menjalani Keratin Treatment

Anda yang merasa tidak nyaman dengan rambut ikal atau keriting, mungkin pernah disarankan untuk menjalani keratin treatment. Konon perawatan rambut yang satu ini sanggup membuat rambut menjadi lebih lurus, lebih lembut, dan lebih berkilau, dalam sekejap.

Perlu diketahui, keratin treatment melibatkan penggunaan bahan kimia dalam prosesnya. Dan seperti semua perawatan yang melibatkan bahan kimia, keratin pun tidak akan selalu cocok pada setiap jenis rambut. Hal ini perlu dipahami sejak awal.

Namun, sangat dimengerti bila Anda ingin menjalani perawatan rambut yang satu ini. Keratin treatment memang salah satu perawatan rambut yang dipuja dan digemari banyak orang. Pasalnya, cukup banyak orang yang menganggap rambut lurus jauh lebih cantik.

Sebelum Anda memutuskan menjalani perawatan ini, ketahuilah fakta-fakta seputar keratin treatment.

Ketahui hasil seperti apa yang diinginkan

Memahami hasil akhir yang diinginkan membuat Anda lebih mudah dalam memilih jenis perawatan yang akan dijalani . Ada beberapa jenis keratin treatment, dengan hasil yang berbeda pada setiap jenisnya.

Keratin treatment tradisional atau kerap dikenal dengan istilah Brazilian blowout, akan memberikan hasil rambut yang lurus. Perawatan ini akan mengubah tekstur atau struktur rambut itu sendiri.

Lain halnya dengan smoothing treatment. Jenis keratin treatment yang satu ini akan membuat Anda tidak terlalu keriting dan menjadikannya lebih berkilau, tanpa mengubah tekstur atau struktur asli rambut.

Jadi, bila Anda mengharapkan hasil rambut yang sedikit bergelombang dan berkilau, smoothing treatment adalah pilihan tepat. Tapi, bila Anda ingin rambut yang sangat lurus, Brazilian blowout jawabannya. 

Ketahui bahan yang digunakan

Memang benar, perawatan untuk meluruskan rambut melibatkan penggunaan protein keratin. Itulah sebabnya perawatan-perawatan tersebut masuk dalam kelompok besar ‘keratin treatment’.

Akan tetapi, perlu dipahami pula bahwa keratin bukanlah satu-satu bahan yang digunakan. Mengubah rambut ikal atau keriting menjadi sangat lurus melibatkan bahan lain, yang sebetulnya riskan untuk kesehatan, yaitu larutan formaldehid atau formalin.

Paparan formaldehid secara terus-menerus berisiko menimbulkan gangguan pernapasan. Zat kimia yang satu ini juga digolongkan ke dalam zat karsinogenik atau pemicu kanker, terutama kanker hidung dan kanker darah.

Mendengar hal ini, mungkin beberapa di antara Anda menjadi panik. Apakah berarti tidak boleh meluruskan rambut sama sekali?

Prosedur perawatan untuk meluruskan rambut masih mungkin Anda lakukan. Namun, sebaiknya tidak terlalu sering. Tiga kali dalam satu tahun merupakan angka yang sangat maksimal untuk menjalani keratin treatment.

Hasil akhir sangat bervariasi

Secara teori, keratin treatment idealnya dapat meluruskan rambut dan membuatnya lebih berkilau, tergantung jenis perawatannya. Akan tetapi, perlu diingat bahwa hasil akhir yang diperoleh dapat berbeda pada setiap orang.

Setelah menjalani keratin treatment, ada orang yang rambutnya masih ikal sebagian dan perlu menjalani perawatan kembali. Ada pula yang seketika menjadi sangat lurus. Bahkan ada yang tidak menunjukkan efek sama sekali.

Hasil akhir tersebut sangat tergantung pada jenis treatment yang digunakan, jenis keratin yang dipakai, pengaplikasian protein keratin dan bahan lainnya, suhu yang digunakan, karakter rambut, hingga berbagai faktor lain yang sulit dikendalikan.

Karenanya, bila Anda ingin menjalani keratin treatment, penting sekali untuk melakukan riset terlebih dahulu dan banyak berdiskusi dengan penata rambut Anda. Membaca berbagai review tentang bahan atau tempat menjalani perawatan juga mungkin dapat membantu Anda.