Uncategorized

Hindari Gejala Kekurangan Asam Folat dengan Mengonsumsi Anemolat

“Asam folat tidak hanya baik bagi ibu hamil. Asam folat atau vitamin B9 juga diperlukan bagi semua orang. Maka dari itu, perhatikan tanda-tanda apabila kamu kekurangan asam folat dan lengkapi kebutuhannya dengan mengonsumsi Anemolat.”

Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa asam folat sangat baik untuk ibu hamil karena berperan penting dalam tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Namun, kebutuhan asam folat harus dipenuhi oleh semua orang, tidak hanya ibu hamil. Bila Anda kekurangan asam folat, maka bisa memicu timbul penyakit yang lainnya.

Mendapatkan asam folat bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan yang tinggi akan vitamin B9 ini, seperti telur, alpukat, sayuran hijau, buah bit, brokoli, dan lainnya. Namun, jika Anda masih ragu maka Anda dapat mengonsumsi Anemolat untuk membantu memenuhi kebutuhan asam folat setiap harinya.

Kandungan Anemolat dan kebutuhan asam folat 

Manfaat asam folat bisa dirasakan bila angka rekomendasinya terpenuhi. Perlu Anda ketahui bahwa angka kebutuhan pada setiap orang akan berbeda dikarenakan ada faktor lainnya.

Untuk orang dewasa dianjurkan untuk mengonsumsi 400 mcg asam folat setiap harinya. Sedangkan pada ibu hamil memerlukan jumlah yang lebih besar lagi. Angka kebutuhan pada ibu hamil harus dikonsultasikan dengan dokter kandungan terlebih dahulu sebelum meminumnya.

Dalam tiap kemasan Anemolat mengandung asam folat 1 mg. Dengan mengonsumsi suplemen ini, beberapa manfaat asam folat akan Anda dapatkan.

Manfaat Anemolat

Selain menjadi penunjang saat kehamilan, beberapa manfaat asam folat ini bisa dirasakan oleh semua orang. 

  1. Menangkal kanker

Rutin mengonsumsi Anemolat yang mengandung asam folat akan menjaga tubuh Anda terhindar dari patogen penyebab kanker. Hal ini dikarenakan folat mampu mengatur ekspresi gen pada kanker. Kanker yang sering terjadi saat ini adalah kanker payudara, kanker paru, kanker pencernaan, dan lainnya.

Namun, jika Anda sudah memiliki kanker maka asupan dengan tinggi folat harus diperhatikan. Pasalnya, terdapat beberapa bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa folat bisa memicu pertumbuhan tumor.

  1. Mengatasi rematik

Asam folat juga berguna bagi orang yang memiliki penyakit rematik. Zat ini sering dikonsumsi bersamaan dengan methotrexate sebagai penunjang untuk mengatasi rematik.

Methotrexate memang terkenal efektif untuk penyembuhan rematik, dan biasanya akan membuat tubuh mengeluarkan kandungan folat lebih banyak yang mengakibatkan terjadinya gangguan pencernaan.

Namun, dengan Anda menjadikan Anemolat sebagai penunjang methotrexate maka efek samping tersebut dapat dikurangi.

  1. Menurunkan kadar homosistein

Homosistein adalah sebuah molekul peradangan yang biasa dikaitkan dengan penyakit jantung. Maka, dengan mengonsumsi Anemolat diketahui bisa menurunkan kadar molekul ini.

Meskipun begitu, bukan berarti penurunan kadar homosistein ini dikaitkan dengan menurunnya tingkat penderita penyakit jantung. Sebab, timbulnya penyakit jantung bisa dipicu oleh faktor lainnya, terutama gaya hidup.

Risiko kekurangan asam folat

Jika Anda tidak memenuhi angka kebutuhan vitamin B9 setiap harinya, maka Anda bisa memicu berbagai macam masalah kesehatan. Mulai dari cacat lahir bagi bayi, depresi, alergi, hingga kepadatan tulang yang rendah.

Menurut beberapa penelitian, ada beberapa kelompok orang yang lebih rentan mengalami kekurangan asam folat, yakni orang dengan radang usus, merokok, dan sering minum alkohol.

Tanda-tanda kekurangan asam folat

Selain beberapa kelompok di atas, Anda juga harus waspada dengan tanda-tanda kekurangan asam folat di bawah ini.

  1. Mengalami anemia

Kandungan asam folat memiliki peran penting bagi tubuh karena bisa memperbaiki DNA dan menghasilkan sel darah merah. Sehingga, jika Anda kekurangan asam folat bisa jadi akan mengalami gejala tertentu, bahkan hingga anemia.

  1. Nyeri di beberapa bagian tubuh

Anemia berat yang disebabkan oleh kurangnya asam folat akan membuat otak dan bagian tubuh lainnya mengalami kekurangan oksigen dan membuat timbulnya rasa nyeri.

  1. Kulit menjadi pucat

Ketika tubuh mengalami kekurangan asam folat, maka ia juga akan kekurangan sel darah merah. Hal ini akan menyebabkan kurangnya kadar oksigen yang ada di dalam tubuh, sehingga Anda bisa merasakan lemah dan lelah, mati rasa di tangan dan kaki, serta kulit menjadi pucat.

  1. Terjadi masalah pencernaan

Gejala gastrointestinal (mual, muntah, sakit perut, dan diare) bisa menjadi tanda pertama saat tubuh kekurangan asam folat. Jika kondisi kekurangan sudah parah, Anda bisa saja mengalami anoreksia dan menyebabkan penurunan berat badan yang signifikan.

  1. Sariawan dan lidah membengkak

Kondisi lidah membengkak biasanya menunjukkan bahwa kekurangan asam folat yang terjadi sudah cukup parah sehingga harus segera ditangani. 

Kelima tanda kekurangan asam folat ini harus Anda waspadai karena bisa menyebabkan timbulnya penyakit yang lebih serius. Maka, sebelum hal ini terjadi Anda harus memenuhi kebutuhan asam folat dengan cara mengonsumsi makanan tinggi vitamin B9 dan meminum suplemen Anemolat.