Kesehatan Kulit

Hindari Kebiasaan Ini Ketika Menggunakan Sebamed Baby Bubble Bath

Pernahkah Anda menggunakan bubble bath ketika memandikan bayi Anda? Salah satu produk bubble bath yang bisa Anda jadikan pilihan adalah Sebamed Baby Bubble Bath.

Pada dasarnya, bubble bath memiliki fungsi yang sama seperti sabun mandi bayi pada umumnya. Bedanya, sabun jenis ini mampu menghasilkan bubble yang cenderung disukai oleh bayi. 

Ini membuat penggunaan bubble bath menghadirkan pengalaman mandi yang terasa lebih seru dan berbeda bagi bayi Anda. 

Kebiasaan memakai Sebamed Baby Bubble Bath yang harus dihindari

Meskipun sabun bubble bath dari Sebamed sudah dikhususkan untuk kulit bayi yang sensitif, pemakaian sabun ini juga bisa menimbulkan dampak negatif bila tidak dilakukan dengan cara yang tepat.

Sebagai orang tua, Anda harus memastikan bahwa Anda menghindari kebiasaan-kebiasaan berikut saat memandikan bayi: 

  • Tidak mengecek suhu air

Air mandi untuk bayi haruslah berupa campuran dari air dingin dan air panas yang menghasilkan air hangat. Sebelum memasukkan bayi ke dalam bak mandi, pastikan suhu air sudah sesuai dan aman untuk kulit bayi.

Suhu air yang terlalu dingin atau terpalu panas bisa membuat kulit bayi Anda teriritasi. Oleh sebab itu, selalu pastikan untuk mengecek suhu air mandi bayi Anda terlebih dahulu. 

  • Terlalu sering menggunakan sabun

Perlu diperhatikan, meskipun Sebamed Baby Bubble Bath aman untuk bayi Anda, tapi Anda tetap tidak dianjurkan untuk memakainya terlalu sering. Pemakaian sabun bayi yang berlebihan bisa memicu iritasi kulit.

Bayi berusia di bawah satu tahun hanya dianjurkan untuk mandi tiga kali saja dalam seminggu. Anda tidak harus selalu menggunakan sabun ketika memandikan bayi. Cukup memakai sabun hanya di area kulit bayi yang kotor dan berkeringat saja. 

Jika bayi tidak berkeringat, maka tidak apa-apa jika Anda memandikan bayi hanya menggunakan air tanpa mencampurkannya dengan sabun atau bubble bath

  • Meninggalkan bayi mandi seorang diri

Ini adalah kesalahan yang cukup fatal dan sangat harus dihindari. Jangan pernah meninggalkan bayi Anda untuk mandi seorang diri. Sebagai orang tua, Anda perlu terus memantau bayi Anda ketika sedang mandi. 

Supaya Anda tidak perlu meninggalkan bayi, siapkan segala benda yang diperlukan di lokasi yang dekat dengan tempat mandi bayi. Misalnya, jika akan menggunakan Sebamed Baby Bubble Bath, letakkan kemasan sabun itu dekat dengan jangkauan Anda. Sehingga, saat ingin menggunakannya, Anda bisa langsung meraih sabun itu tanpa meninggalkan bayi.

Mengapa perlu menggunakan Sebamed Baby Bubble Bath?

Ada beberapa alasan mengapa Anda perlu menggunakan sabun ini. Berikut beberapa alasan tersebut: 

  • Merupakan jenis sabun hypoallergenic

Sabun berjenis hypoallergenic adalah sabun yang tidak menimbulkan alergi. Sabun berjenis ini sangat baik untuk bayi, karena kulit bayi masih sangat sensitif dan rentan terhadap alergi. 

  • Menjaga kebersihan kulit bayi

Penggunaan sabun bisa membantu agar kulit bayi Anda tetap terjaga kebersihannya. Apabila bayi berkeringat dan terkena kotoran, pemakaian sabun seperti sabun Sebamed tentu bisa membantu agar kulit bayi Anda tetap tampak bersih. 

Anda bisa mendapatkan sabun ini secara bebas, tanpa perlu menggunakan resep dari dokter. Tapi, jika Anda ingin pemakaian Sebamed Baby Bubble Bath menjadi lebih maksimal, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu. Tanyakan pada dokter mengenai intensitas pemakaian sabun yang dianjurkan.