Penyakit

Cara Mencegah Meningitis, Salah Satu Infeksi Otak Berbahaya

Mencegah serta mengobati infeksi otak sangat diperlukan supaya penyakit saraf ini dapat segera disembuhkan serta tidak datang lagi.

Adapun infeksi saraf yang cukup terkenal adalah meningitis yang terjadi pada meningen atau lapisan yang menyelubungi otak dan sumsum tulang belakang yang meradang.

Meningitis adalah salah satu penyakit saraf yang menular sehingga Anda harus waspada terhadap penyakit yang satu ini.

Karena itu, Anda diharapkan melakukan beberapa pencegahan supaya tidak tertular penyakit ini selain pengobatan berupa pemberian antibiotik, kortikosteroid, acyclovir, dan obat antijamur. Semua obat ini tergantung pada jenis meningitis yang Anda derita.

Adapun mengenai pencegahan, terdapat beberapa yang bisa Anda lakukan, yaitu:

Vaksinasi 

Vaksinasi akan melindungi dan mencegah Anda dari virus penyebab meningitis. Vaksinasi merupakan pencegahan yang paling utama.

Mencuci tangan

Karena meningitis dapat hinggap di benda-benda mati Anda disarankan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah memegang benda tersebut sebagai salah satu langkah pencegahan.

Menjaga kekebalan tubuh

Kekebalan tubuh juga merupakan faktor penting dalam mencegah meningitis sebab apabila kekebalan tubuh Anda jelek, penyakit ini akan mudah menyerang.

Anda bisa melakukannya dengan konsumsi makanan bergizi seimbang, olahraga teratur, dan istirahat yang juga teratur.

Tidak bergantian menggunakan barang pribadi

Sebab, meningitis dapat menular melalui air liur dan cairan lain dari saluran pernapasan, Anda disarankan untuk tidak berbagi peralatan makan dan minum dengan penderita meningitis.

Pencegahan alami melalui makanan

Salah satu upaya terhindar dari meningitis yang merupakan salah satu infeksi otak berbahaya adalah memperkuat kekebalan tubuh dengan cara konsumsi makanan yang bergizi seimbang. Berikut ini adalah makanan-makanan yang direkomendasikan untuk pencegahan!

Tahu 

Produk makanan fermentasi dari kedelai ini merupakan makanan yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi Anda.

Dalam banyak menu makanan di Indonesia, tahu akan selalu muncul, dan diolah dengan berbagai cara, baik digoreng, direbus maupun dikukus.

Tahu sendiri merupakan makanan yang dapat membuat Anda terhindar dari meningitis karena kandungan probiotik di dalamnya.

Ikan salmon

Ikan air tawar yang satu ini mempunyai daging yang begitu lezat sehingga banyak orang yang ingin sekali menyantapnya.

Ternyata salmon juga bisa Anda gunakan untuk terhindar dari meningitis karena kandungan minyak tak jenuh ganda dan Omega-3 di dalamnya yang efektif mengurangi peradangan penyebab meningitis.

Tak hanya itu salmon juga dapat memberikan kekebalan pada tubuh Anda jika dikonsumsi secara rutin.

Jeruk

Ini adalah buah yang sangat dianjurkan untuk memperkuat kekebalan tubuh karena kandungan vitamin C-nya.

Selain itu, jeruk mengandung antioksidan yang berperan penting dalam menangkal radikal bebas penyebab meningitis.

Yogurt

Susu fermentasi ini mempunyai kandungan probiotik yang efektif melawan bakteri penyebab meningitis.

Selain itu, probiotik pada yogurt juga dapat melancarkan pencernaan, meredakan demam, pilek, dan flu.

Brokoli

Untuk sayuran, Anda dapat mengonsumsi brokoli yang mempunyai kandungan penting berupa vitamin, serat, protein hingga karbohidrat kompleks yang dapat membantu tubuh Anda terhindar dari meningitis.

Selain itu, brokoli mampu meningkatkan kekebalan tubuh serta dapat menangkal radikal bebas karena kandungan antioksidannya.

Buah kiwi

Buah khas Selandia Baru ini juga dapat mencegah terkena meningitis karena terdapat kandungan vitamin C yang cukup efektif melawan virus penyebab meningitis.

Tak hanya itu, seperti buah-buahan lainnya kiwi juga mengandung antioksidan sehingga juga mampu mencegah radikal bebas yang menyebabkan peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga Anda terhindar dari salah satu infeksi otak ini.