Rumah sakit

Ingin Lakukan Pemeriksaan Sperma? Lab Prodia Bandung Solusinya!

Pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh merupakan hal yang sangat penting tanpa terkecuali termasuk dalam pemeriksaan sperma bagi laki – laki. Pemeriksaan sperma ini perlu dilakukan untuk mengetahui kuantitas dan kualitas sperma pada laki – laki sekaligus menentukan tingkat kesuburan pada laki – laki.

Anda bisa melakukan pemeriksaan sperma di Lab Prodia Bandung yang terletak di Jalan Moh. Toha No 125, Pelindung Hewan, Kecamatan Astaanyar, Kota Bandung. Pemeriksaan sperma akan dilakukan dengan cara menganalisa hasil dari laboratorium terhadap sampel sperma. Analisis yang dilakukan untuk mengetahui kuantitas dan kualitas sperma berupa jumlah sperma, struktur atau bentuk, tingkat keasaman (pH), volume, warna, pergerakan dan kekentalan sperma.

Sebelum melakukan pemeriksaan ini, Anda harus sudah berkonsultasi dengan dokter spesialis urologi. Nantinya akan ada beberapa pertanyaan yang ditanyakan seperti obat apa sajakah yang pernah diminum, operasi yang pernah dilakukan, bagaimana kehidupan seks bersama pasangan, riwayat penyakit menular seksual, kebiasaan olahraga dan merokok, sampai penggunaan obat – obatan terlarang atau tidak.

Setelah pemeriksaan awal berupa pertanyaan – pertanyaan di atas sudah dilakukan, selanjutnya akan dilakukan beberapa pemeriksaan seperti ini.

  1. Tes air mani atau sperma

Menurut riset yang sudah dilakukan oleh Asian Journla of Andrology, jumlah sperma merupakan salah satu aspek yang memengaruhi kesuburan pada laki – laki. Ukuran dari kesuburan laki – laki jika jumlahnya kurang dari 40juta di dalam 1ml air mani, maka dapat berakibat menghambat sperma untuk membuahi sel telur. Jika pada kualitas sperma dapat ditentukan bagaimana bentuk dan pergerakan sperma. Jika bentuknya yang tidak normal dan pergerakan yang lambat serta tidak mengarah lurus ke atas akan mengakibatkan pembuahan menjadi sulit terjadi.

  1. Tes pemeriksaan fisik

Pemeriksaan fisik dilakukan dengan tujuan untuk memastikan apakah Anda mengalami varikokel atau tidak. Varikokel merupakan pembesaran pembuluh darah vena yang terjadi di dalam kantung testis atau skrotum. Jika ini terjadi maka akan menghambat aliran darah sehingga membuat fungsi sistem reproduksi menjadi terganggu. Jika Anda terbukti mengalami varikokel maka dokter akan menyarankan untuk melakukan operasi agar aliran darah pada skrotum menjadi lancar kembali.

  1. Tes pengecekan hormon

Pengecekan hormon dilakukan untuk mendeteksi apakah terdapat kelainan testosteron dan hormon lain yang berperan dalam proses produksi sperma. Jika ditemukan kelainan, tentu hal ini bisa mengakibatkan masalah kesuburan pada sperma. Meski begitu, 97 persen laki – laki yang mengalami masalah kesuburan bukan disebabkan pengaruh hormon.

  1. Tes pemeriksaan genetik

Adanya kelainan genetik bisa menjadi penyebab Anda mengalami masalah kesuburan termasuk kesuburan sperma. Jadi, untuk mengetahui apakah masalah kesuburan yang terjadi karena kelainan genetik yang dimiliki atau tidak, Anda perlu melakukan pemeriksaan ini.

  1. Tes anti-sperm antibody

Beberapa di antara Anda bisa saja memproduksi antibody abnormal yang mengakibatkan menyerang sel sperma dalam perjalanannya menuju sel telur. Tentunya hal ini akan menghambat Anda dalam proses reproduksi. Anda perlu melakukan tes anti – sperm antibody (ASA) untuk mengetahui apakah Anda mengalami kondisi ini atau tidak.

  1. Urinalisis

Selanjutnya tes ini dilakukan dengan menggunakan sample urine. Tujuan dilakukan pemeriksaan urinalisis adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya infeksi pada urine dan juga melihat apakah terdapat sperma dalam urine. Jika di dalam urine terdapat sperma, maka besar kemungkinan terjadi masalah ejakulasi yang dikenal dengan sebutan ejakulasi retrograde. Dokter akan meresepkan obat atau pun menyarankan Anda untuk mengaplikasikan gaya hidup sehat untuk mengatasi masalah kesuburan yang dialami. Jika kondisi sudah parah, Anda bisa melakukan operasi sebagai langkah penanganan.

Jadi, itulah beberapa pemeriksaan sperma yang bisa Anda lakukan di Lab Prodia Bandung. Anda bisa melakukan pemesanan atau janji temu terlebih dahulu melalui SehatQ. Selain itu, Anda juga bisa konsultasi dengan dokter terkait gangguan kesehatan yang dialami.