Bayi & Menyusui

Ini 6 Rekomendasi Snack Bayi 7 Bulan yang Bagus

Usia bayi Bunda 7 bulan saat ini? Well, ini adalah masa-masa yang bagus untuk mengenalkan jenis-jenis rasa dan juga memperkuat kunyahnya. Anda pun sebaiknya peka dengan asupan snack yang boleh dan tidak dikonsumsi si kecil. 

Heinz Biskuit Bayi 7 Bulan ke Atas Rasa Apel 60 g harga terbaik

Asosiasi dokter anak di Amerika pun menyarankan pengenalan makanan padat selain ASI dan susu formula pada bayi di usia 7 bulan. Meski begitu, tidak semua bayi mulai di bulan yang sama. Ada bayi yang mampu mengunyah di usia 6 bulan dan bahkan 8 bulan. 

Nah, seperti apa ciri-ciri bayi yang boleh diberikan snack atau makanan padat? 

  • Bisa mengontrol gerakan kepala
  • Mampu duduk tanpa atau dengan sedikit bantuan
  • Otomatis membuka mulut saat disodorkan makanan
  • Mampu menelan makanan
  • Sudah mulai coba-coba asal memasukkan benda ke mulut
  • Mampu memegang benda kecil

Kriteria Snack Bayi 7 Bulan yang Boleh Diberikan

Memang sudah seharusnya anda mengetahui kriteria snack 7 bulan yang boleh diberikan ke si kecil. Pastinya, tidak semua jenis snack bisa dikonsumsi. Suatu makanan perlu memenuhi kriteria berikut ini supaya boleh dimakan bayi umur 7 bulan. 

1. Makanan yang padat namun bisa dilembutkan. Contoh: Buah-buahan yang sudah dilembutkan dan dipotong kecil. 

2. Makanan tanpa tulang. Bila ingin memberikan ikan atau ayam, pisahkan daging dari tulangnya. 

3. Makanan dengan ukuran kecil. 

4. Makanan tanpa biji. Pastikan semua biji buah sudah dikeluarkan. 

5. Makanan yang matang. Hindari memberi snack mentah pada bayi. 

5 Rekomendasi Snack Bayi 7 Bulan yang Bagus Buat Si Kecil

Nah, bila bayi anda sudah memenuhi kriteria yang disebutkan, serta anda sudah siap dengan berbagai jenis makanan di atas, maka yang selanjutnya perlu anda perhatikan adalah memilih snack yang sesuai dengan ciri-ciri yang disebutkan. Anda bisa coba 5 rekomendasi snack bayi 7 bulan berikut ini. 

1. Bayam dan Ubi

Anda bisa memadukan ubi dengan bayam untuk snack si kecil! Cukup haluskan dan campur keduanya, kemudian hangatkan ke dalam panci selama kurang lebih 15 menit. Tunggu sampai matang. 

2. Alpukat

Buah alpukat sangat cocok sebagai snack bayi 7 bulan. Di dalamnya terkandung berbagai macam nutrisi dan lemak sehat. Bunda bisa mengambil daging alpukat dan kemudian menyuapkannya dengan sendok. Sebelumnya tumbuk dulu dagingnya hingga halus, lalu potong-potong hingga seukuran mulut bayi anda. 

3. Ubi

Selain dicampurkan dengan bayam, Bunda bisa memotong kecil-kecil ubi untuk dibuat french fries. Pastikan ukuran potongannya sangatlah kecil supaya bayi bisa menelannya. 

4. Roti dan Keju

Bagi anda yang ingin memenuhi kebutuhan kalsium si kecil, silahkan stock roti dan keju. Dua snack ini kaya akan kalsium dan vitamin. Penyediaannya pun juga tidak ribet. Anda tinggal menyuapkannya ke bayi anda. 

5. Kue dari Tepung Beras

Ukurannya yang kecil membuat kue beras sangat bagus untuk latihan bayi memegang benda. Anda sebenarnya bisa membuatnya sendiri di rumah. Namun, saat ini juga sudah tersedia berbagai merek kue dari tepung beras, loh. 

6. Pisang 

Buah yang mudah diperoleh ini bisa jadi opsi untuk snack bayi 7 bulan. Anda cukup memotongnya menjadi bagian-bagian yang kecil seukuran kepalan tangan. Warna buahnya yang mencolok menarik nafsu makan si kecil. Tekstur pisang yang memang lembut akan memudahkan si kecil mengunyah. 

Beberapa rekomendasi snack bayi 7 bulan ini masih bisa anda campurkan dengan bahan makanan lain. Namun, tetap perhatikan kriteria makanan campurannya. Hindari memberikan snack yang mentah, panas, dan terlalu keras.