Uncategorized

Jangan Keliru, Inilah Cara Tepat Mengatasi Nyeri Sendi

Sendi yang sedang bermasalah, biasanya akan kerap mengalami beberapa penanda umum. Salah satunya adalah nyeri sendi. Nyeri sendi sangat mengganggu aktivitas harian. Agar rasa sakitnya tak cepat menyebar, terdapat beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

Pengobatan Nyeri Sendi

Nyeri pada sendi yang masih tergolong ringan, maka Anda bisa melakukan penanganan mandiri di rumah dengan cara berikut.

Lakukan istirahat yang cukup

Istirahat adalah salah satu langkah untuk menjaga tubuh Anda tetap bugar. Aktivitas yang padat ketika bekerja tentu akan menguras tenaga. Jika sedari awal sendi Anda bermasalah, maka utamakan istirahat agar kondisi Anda bisa dikontrol dengan baik.

Mengompres sendi dengan es

Jika nyeri sendi berefek pada kondisi yang membuat bagian tubuh Anda membengkak, maka langkah yang bisa dilakukan adalah dengan mengompresnya. Gunakan air es sebagai pereda bengkak, tekan hingga beberapa kali. Ulangi dalam 3-4 kali selama satu hari.

Merendam sendi yang nyeri dalam air hangat

Selain menggunakan es, menggunakan air hangat juga bisa meredakan nyeri. Misalkan tubuh Anda merasa lelah, lakukan berendam dalam bathtub air hangat untuk meregangkan otot yang sakit. Dengan cara ini, tubuh Anda juga akan terasa lebih segar.

Lakukan diet sehat jika obesitas

Salah satu penyebab rasa nyeri pada sendi bisa disebabkan oleh tumpukan lemak pada tubuh. Jika Anda termasuk obesitas, maka langkah terbaik untuk bisa mengurangi nyeri pada sendi yakni dengan melakukan diet sehat.

Terdapat berbagai metode diet yang bisa Anda gunakan dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan tubuh Anda. Pastikan seimbang konsumsi makanan harian Anda. Perbanyak buah dan sayuran, serta konsumsi vitamin jika diperlukan.

Kapan Harus Pergi ke Dokter?

Nyeri sendi yang ringan tak harus langsung ke dokter. Lakukan pemeriksaan jika dalam kurun waktu 14 hari atau lebih kondisi nyeri yang dirasakan tak kunjung membaik. Adapun beberapa gejala yang bisa Anda waspadai adalah sebagai berikut.

  1. Adanya demam berkepanjangan
  2. Anggota tubuh di sekitar nyeri, tidak dapat digerakkan
  3. Sendi terasa membengkak dalam waktu cepat
  4. Nyeri semakin terasa memberat, hingga tak tertahankan
  5. Banyak berkeringat di malam hari
  6. Terjadi penurunan berat yang signifikan dalam dua minggu terakhir sejak pertama kali nyeri terasa

Beberapa gejala di atas harus segera Anda waspadai untuk diperiksakan ke dokter. Penanganan yang lebih cepat juga akan membuat pemulihan yang Anda lakukan akan lebih mudah dipantau perkembangannya.

Upaya Pencegahan Sendi yang Nyeri

Mencegah penyakit yang datang akan selalu lebih baik daripada mengobati. Jika memang kondisi Anda yang memiliki nyeri pada bagian sendi sudah terdeteksi lebih awal, maka upayakan agar tetap menjaga kondisi tubuh supaya tetap prima.

Lakukan pemeriksaan rutin

Pemeriksaan yang rutin akan memberikan kesempatan kepada Anda untuk meminimalkan risiko sakit sendi seperti osteoarthritis, rheumatoid arthritis, atau asam urat.

Olahraga secara teratur

Lakukan olahraga ringan agar tubuh Anda tetap segar. Hindari gerakan yang memberikan tekanan berulang pada sendi agar kondisi Anda tak semakin buruk. Salah satunya adalah berenang.

Melakukan meditasi ringan

Meditasi adalah salah satu cara ampuh untuk bisa mengurangi rasa sakit akibat nyeri pada sendi. Mengurangi stress dan relaksasi tentu akan jadi salah satu proses healing yang cepat untuk dilakukan agar bisa mengurangi pemicu nyeri pada sendi.

Beberapa upaya untuk mencegah dan meredakan rasa sakit akibat nyeri sendi di atas bisa langsung Anda praktekkan. Bila dalam beberapa waktu, pengobatan mandiri sudah tidak bisa diandalkan, maka segera periksakan diri Anda ke dokter agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.