obat

Ketahui 7 Obat Kista Alami yang Mudah Ditemukan

Penyakit kista merupakan kondisi ketika tumbuhnya benjolan berisi cairan, udara, semisolid, dan senyawa lain di tubuh. Untuk mengobatinya, dokter akan menyarankan untuk menjalani prosedur operasi. Hal tersebut untuk mengangkat kista yang muncul hingga ke akar. Namun, ada pula berbagai jenis obat kista alami yang disebut ampuh mengatasinya.

Ukuran benjolan kista tersebut bervariasi. Mulai dari benjolan berukuran sangat kecil (mikroskopik) hingga sangat besar. Kista yang berukuran besar akan menghimpit organ dalam di sekitarnya.

Obat Kista Alami yang Ampuh Mengecilkan Ukuran Benjolan

Berikut berbagai obat kista alami yang diyakini bisa membantu mengecilkan ukuran benjolan serta mengatasi rasa tidak nyaman yang ditimbulkan akibat kemunculan kista ini. Apa saja? Simak selengkapnya.

  • Tea Tree Oil

Tea tree oil adalah essential oil yang mengandung senyawa antimikroba yang ampuh membunuh bakteri, jamur, virus, serta patogen lain.

Essential oil ini juga disebut dapat mencegah kemunculan kista yang disebabkan oleh tumbuhnya rambut ke dalam. Hanya saja, tea tree oil ini belum terbukti dapat mengatasi kista karena faktor lain. Seperti yang diketahui, kista tidak hanya disebabkan oleh pertumbuhan rambut ke dalam saja, tapi juga ada karena faktor lainnya.

  • Cuka Apel

Cuka apel mengandung asam asetat bersifat antimikroba. Itulah kenapa cuka apel disebut bisa dimanfaatkan sebagai obat kista alami. Hanya saja, cuka apel ini hanya ampuh untuk mengatasi kista karena infeksi atau bakteri.

Untuk memanfaatkan cuka apel mengatasi kista, bisa dengan mencampurkan air putih dengan perbandingan 1:1. Kemudian, oleskan campuran di bagian benjolan kista secara langsung. Namun, jangan sampai mengoleskan cuka apel murni tanpa campuran ke kulit.

  • Madu

Madu mengandung antimikroba yang diyakini bisa mengatasi rasa tidak nyaman akibat kista. Untuk memanfaatkan madu ini, bisa dengan mengoleskan madu secara langsung ke bagian kista dan diamkan beberapa jam dan bersihkan dengan air setelahnya.

  • Lidah Buaya

Lidah buaya memang mengandung antiradang dan antimikroba. Kedua kandungan ini sangat membantu meredakan iritasi dan nyeri akibat benjolan kista.

Lidah buaya juga bisa mengatasi berbagai macam kista akibat patogen atau pun oleh bakteri. Anda bisa mengoleskan krim atau losion lidah buaya di bagian benjolan kista.

  • Minyak Jarak

Castor oil atau minyak jarak bersifat antimikroba yang ampuh membunuh bakteri di kulit penyebab kista dan jerawat.

Anda bisa menuangkan satu tetes minyak jarak di jari kemudian oleskan ke kista secara langsung. Sebaiknya menggunakan minyak jarak murni, bukan yang campuran. Tidak boleh juga menelan minyak jarak agar tidak muncul efek yang fatal bagi kesehatan kulit.

  • Witch Hazel

Witch hazel merupakan bahan alami yang digunakan untuk mengatasi jerawat karena adanya sifat antiradang dan astringen. Dua kandungan tersebut dikenal ampuh mengatasi masalah jerawat dan juga kista epidermoid.

Astringen witch hazel ini diyakini bisa mengurangi ukuran benjolan kista. Sedangkan antiradang dapat mengatasi rasa nyeri.

  • Kompres Hangat

Kompres hangat termasuk obat kista alami untuk mengurangi ukurannya. Kompres hangat dapat mengurangi ketebalan cairan dalam benjolan kista.

Kompres hangat juga bisa mempercepat proses pengeringan kista untuk kista epidermoid. Obat kista alami dengan kompres hangat ini memang sering dianjurkan oleh dokter, namun belum ada penelitian yang membuktikan keampuhannya.

Obat kista alami ini masih perlu didukung oleh penelitian lebih lanjut untuk mendukung efektivitas obat kista yang disebut di atas.