Uncategorized

Ketahui Penyebab Ketombe Dan Cara Ampuh Mengatasinya

Tak ada yang suka masalah rambut berketombe. Penderita ketombe akan merasakan gatal yang sangat mengganggu dan bisa terus-terusan menggaruk ketombe. Meski banyak yang menganggap penyakit ini bukan penyakit serius, setidaknya Anda bisa bayangkan apa yang terjadi jika ketombe terus menerus terjadi pada kulit kepala. Penderita pasti akan kewalahan jika kepala terus-terusan terasa gatal dan hal ini akhirnya bisa menyebabkan pengelupasan kulit bahkan luka pada daerah kepala. Itulah sebabnya penting bagi penderita ketombe untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi masalah ketombe agar hal ini dapat segera diatasi. Namun sebelum itu ketahui juga beberapa penyebab ketombe berikut:

1. Kulit berminyak

Bagi Anda yang menganggap kulit kering adalah satu satu-satunya penyebab ketombe terjadi, Anda salah. Nyatanya, keadaan kulit kepala yang berminyak juga dapat menyebabkan kepala berpotensi terkena ketombe. Istilah ini sering dinamai dengan dermatitis seboroik. Dermatitis seboroik adalah penyakit kulit yang sering muncul pada area-area tubuh yang memiliki banyak kelenjar minyak. 

2. Kulit kering

Kulit kering biasanya adalah penyebab ketombe yang paling umum. Kondisi ini bisa jadi semakin parah saat cuaca dingin karena kulit tubuh dapat menjadi lebih kering, tak terkecuali kulit kepala. Kekeringan yang terjadi pada kulit kepala akan semakin mudah menyebabkan iritasi hingga gatal jika tak segera diatasi. 

3. Tidak memperhatikan kebersihan rambut dan kulit kepala

Anda jarang keramas? Bisa jadi ini adalah salah penyebab kulit kepala terkena masalah ketombe. Setidaknya cuci rambut 3 kali dalam seminggu agar kulit kepala tidak berminyak dan menumpuk banyak kulit mati serta kotoran yang akan memperburuk kesehatan rambut dan kulit kepala. 

4. Salah shampoo

Hal yang juga dapat menyebabkan ketombe bisa terjadi adalah salah menggunakan shampo. Ini bisa terjadi akibat kulit kepala tidak cocok pada kandungan shampo sehingga menyebabkan gatal dan akhirnya berpotensi ketombe.

5. Jamur

Ketombe yang disebabkan oleh jamur kerap disebut Malassezia. Jamur ini biasanya lebih sering diidap pada orang dewasa karena bisa diakibatkan oleh keringat yang berlebih. Jamur akan tumbuh dan memakan minyak pada bagian kulit tertentu yang mengalami keringat berlebih kemudian akan meninggalkan rasa gatal yang luar biasa.

Cara ampuh mengatasi ketombe yang dapat dicoba:

1. Perhatikan kebersihan rambut dan kulit kepala

Jangan membiarkan kulit kepala lengket dan berminyak akibat jarang dibersihkan karena hal ini hanya akan menyebabkan kulit kepala rentan terkena masalah. Setidaknya, bersihkan rambut dan kulit kepala secara menyeluruh 3 kali dalam seminggu agar tetap bersih. Anda juga dapat menggunakan air hangat saat hendak keramas. Air hangat dinilai dapat dengan mudah melarutkan minyak dan kotoran pada kulit kepala.

2. Gunakan shampo anti ketombe

Langkah penting selanjutnya adalah gunakan shampo anti ketombe untuk meringankan gejala. Dengan menggunakan shampo anti ketombe, gatal yang terjadi pada kulit dapat diminimalisir. Anda dapat menggunakan selsun yellow double impact shampo untuk mengatasi keluhan ketombe yang terjadi pada kulit kepala. Di dalam produk terdapat kandungan selenium sulfide, zinc, dan coal tar yang memang sangat baik untuk mengatasi masalah rambut berketombe. Beberapa manfaat selsun yellow shampoo:

– Membersihkan rambut dan kulit kepala secara menyeluruh

– Membantu menghilangkan ketombe 

– Mengurangi rasa gatal pada kulit kepala

– Mengurangi minyak berlebih penyebab terjadinya ketombe

Cukup gunakan produk ini 2-3 kali dalam satu minggu untuk membantu masalah ketombe yang terjadi.

3. Jangan menggaruk dengan kuat

Gatal yang dihasilkan ketombe memang membuat tangan selalu ingin menggaruknya. Namun nyatanya hal ini malah akan memperparah kondisi ketombe yang terjadi pada kulit kepala. Terlalu sering menggaruk dapat membuat kulit kepala lecet bahkan hingga luka.

4. Hindari stres

Berbagai kondisi penyakit dinilai dapat menjadi lebih parah akibat stres tak terkecuali ketombe. Meski stres bukan penyebab ketombe, namun stres berlebih dapat menyebabkan ketombe menjadi lebih parah dan lebih sulit untuk disembuhkan.

5. Periksakan ke dokter

Ketombe yang disebabkan oleh infeksi seperti jamur akan lebih mudah disembuhkan jika langsung mendapat arahan atau obat khusus oleh dokter spesialis. Untuk itu, segera konsultasikan masalah ketombe pada dokter agar masalah ketombe dapat segera diatasi.