Resep

Lakukan Ini Agar Resep Semur Daging Sapi Anda Jadi Lebih Lezat!

Antara satu daerah dengan daerah lain memiliki resep semur daging sapi dengan kombinasi bumbu berbeda antara rempah cengkeh, pala, dan kayu manisnya, karena 3 bahan itulah yang menjadi inti dari masakan ini. Dari semua resep tersebut, mana yang paling enak? Ternyata bukan sekedar resep tetapi ada faktor lain yang harus menjadi perhatian.

Resep semur daging sapi dapat dengan mudah dicoba

Pertama adalah cara memilih daging yang akan digunakan, teksturnya harus empuk agar tidak mengalami kesulitan saat dikunyah. Sebenarnya faktor inilah yang membuat banyak orang agak ragu saat memasak daging sapi, karena proses untuk mengempukkan daging sapi memang memakan waktu cukup lama.

Oleh sebab itu diperlukan kemampuan untuk bisa memilih jenis daging sapi sesuai dengan jenis masakan yang akan dibuat. Khusus untuk resep semur daging sapi ada 3 jenis daging sapi yang cocok digunakan yaitu

  • Has Dalam (Tenderloin)

Harganya memang lebih mahal jika dibandingkan dengan daging sapi dari bagian lainnya. Dengan lemak yang cenderung sedikit, tak bertulang dan berserat, tenderloin lebih mudah dipotong dan empuk saat dijadikan semur.

  • Rib Eye

Daging jenis ini seringkali dibandingkan dengan iga. Jika pada iga biasanya hanya ada sedikit daging yang menempel pada tulang rusuk, pada rib eye bagian daging jauh lebih banyak. Teksturnya empuk dengan jaringan lemak, membuat rib eye ini terasa lezat untuk dibuat semur dengan citarasa gurih yang kuat.

  • Has Luar (Sirloin)

Teksturnya memangĀ  tak seempuk tenderloin, tapi dagingnya cukup tebal dan harga yang lebih murah. Sirloin juga memiliki lemak pada bagian pinggiran yang membuatnya lebih lezat dibandingkan tenderloin. Sayangnya sirloin memiliki lebih banyak serat, jika akan dibuat semur, perlu waktu memasak yang lebih lama agar lebih empuk.

Setelah mengetahui jenis daging yang akan diolah menjadi semur daging. Langkah selanjutnya adalah bagaimana cara mengolah daging tersebut menjadi empuk, lezat dan nikmat ketika disantap. Inilah cara mengolahnya, simak tips dan triknya sebagai berikut ini.

  1. Cara Merebus

Rasa lezat dari resep semur daging sapi berasal dari karamelisasi, yaitu sebutan bagi proses mencoklatkan suatu bahan makanan yang mengandung gula. Jika gula dipanaskan sampai suhu yang sangat tinggi, akan berubah menjadi cairan bening. Jika dipanaskan terus, lama kelamaan cairan gula tersebut menjadi berwarna kuning, kemudian kecokelatan, hingga dengan cepat berubah warna menjadi benar-benar cokelat. Proses inilah yang dinamai karamelisasi dengan citarasa yang khas.

Jadi, cara yang benar adalah memasukkan daging sapi kedalam tumisan rempah dan ditambahkan kecap manis, gula putih dan gula merah secukupnya. Hal ini akan membuat daging sapi kaya akan aroma karamel. Setelah daging menjadi setengah matang dan harum, baru boleh menambahkan air untuk mematangkan daging sapi dan membuat bumbu meresap ke dalam daging tersebut.

  1. Menambahkan Bahan Pelengkap

Bahan-bahan tersebut diantaranya adalah kentang rebus, wortel atau buncis. Untuk bahan yang bertekstur keras seperti wortel, sebaiknya dimasukkan setelah menambahkan air pada semur. Sedangkan yang lebih dan mudah hancur seperti kentang rebus atau buncis, dimasukkan sesaat sesaat sebelum semur daging sapi matang.

  1. Mengurangi Lemak Daging Sapi

Lemak berfungsi untuk memperkaya rasa resep semur daging sapi. Namun jika tidak menyukainya, ada cara mudah untuk menghilangkannya. Caranya, letakkan semur yang sudah matang dan sudah hilang uap panasnya ke dalam kulkas selama seharian. Lemak daging sapi akan menggumpal dan naik ke permukaan. silahkan diangkat hingga bersih.

Nah, itulah beberapa tips dalam memilih dan mengolah resep semur daging sapi agar menjadi lebih lezat. Jangan sampai pilih bagian daging sapi yang ingin diolah, ya! Jadi, tunggu apalagi? Selamat mencoba!