Uncategorized

Obat untuk Batuk Kering Sirup Pilihan untuk Dewasa

Batuk sebenarnya merupakan tindakan tubuh untuk membersihkan saluran napas dari lender dan penyebab iritasi. Ada dua jenis batuk, yaitu batuk kering dan berdahak. Batuk kering tidak hanya membuat dada sakit, tapi juga tenggorokan perih. 

Ada beberapa penyebab batuk kering, mula dari alergi, asma, dan refluks asam. Tapi terkadang tidak diketahui penyebab jelas dari batuk kering. Batuk kering yang terus berlanjut akan berdampak serius pada kehidupan sehari-hari, terutama jika memburuk pada malam hari. 

Jika Anda rentan mengalami batuk kering, jangan lupa sediakan obat untuk batuk kering di rumah yang bisa diminum setiap gejalanya muncul.

5 Rekomendasi obat batuk kering sirup

Obat batuk kering dewasa biasanya hadir dalam bentuk tablet. Bagi yang tidak bisa minum obat tablet, tak perlu khawatir karena ada juga obat untuk batuk kering berbentuk sirup yang tak kalah ampuh meredakan batuk kering. 

  1. Decough Mint for Adult 

Decough Mint mengandung ekstrak herba timi, ekstrak daun saga, dan ekstrak buah adas yang efektif meredakan batuk kering dan batuk berdahak. Kandungan mint didalamnya juga memberikan efek melegakan pernapasan serta meredakan tenggorokan yang gatal.

Karena memiliki banyak kegunaan, Decough Mint for Adult bisa dijadikan pilihan obat pertolongan pertama ketika gejala batuk mulai muncul. Konsumsi 1-2 sendok takar sebanyak 3 kali sehari, diminum sebelum atau setelah makan.

  1. Dextral Sirup

Dextral Sirup memiliki kegunaan untuk meredakan batuk kering dan pilek akibat alergi. Obat ini mengandung dekstrometorfan HBr dan guaifenesin untuk meredakan sekaligus mengurangi frekuensi batuk, serta fenilpropanolamin HCI dan klorfeniramin maleat untuk meredakan reaksi alergi seperti pilek, bersin-bersin, dan hidung tersumbat.

Dextral Sirup merupakan obat bebas terbatas yang bisa dibeli tanpa resep tapi penggunaannya harus sesuai dengan yang tertera pada kemasan atau anjuran dokter. 

  1. Woods Peppermint Antitussive Sirup

Woods Antitusif Sirup bisa digunakan untuk mengatasi batuk kering maupun batuk berdahak yang disebabkan oleh alergi. Obat ini mengandung dekstromerfan HBr dan difenhidramin HCl yang juga berkhasiat mengatasi perih di tenggorokan akibat batuk kering. Kandungan mintnya juga melegakan pernapasan dan tenggorokan.

Woods Peppermint Antitussive Sirup aman digunakan oleh orang dewasa dan anak-anak sesuai dengan dosis yang tertera pada label kemasan atau petunjuk dokter. Obat ini mudah ditemukan di apotek, toko obat, mini market, bahkan warung.

  1. Sanadryl DMP Sirup

Sanadryl DMP merupakan obat batuk kering yang bisa meredakan batuk kering akibat alergi, debu atau asap, infeksi virus, atau yang terjadi sebagai efek samping penggunaan obat tertentu.

Obat ini mengandung dextromemtorfan Hbr, difenhidramin HCl, dan amonium klorida yang bekerja langsung menekan refluks batuk dan meredakan batuk. Sanadryl DMP juga dilengkapi dengan mentol yang agar tenggorokan tidak perih dan lebih hangat.

Sanadryl DMP Sirup aman dikonsumsi anak-anak maupun orang dewasa sesuai dengan dosis dan aturan pakai pada label kemasan atau anjuran dokter.

  1. Vicks Formula 44 Sirup

Vicks Formula 44 merupakan obat untuk batuk kering yang cukup terkenal. Vicks Formula 44 mengandung bahan aktif dekstrometorfan HBr dan dokslamin sukinat. Kombinasi keduanya sangat ampuh meredakan batuk kering, mengurangi frekuensi batuk, serta mengatasi alergi pada saluran napas seperti bersin-bersin, pilek, dan hidung tersumbat.

Meminum Vicks Formula 44 segera saat gejalanya muncul membantu tenggorokan kembali terasa nyaman dan batuk berkurang.

Itu tadi 5 rekomendasi obat untuk batuk kering berbentuk sirup untuk dewasa yang bisa dibeli di apotek.