Kesehatan Mental

Ketahui Penyebab dan Pemicu Timbulnya Bad Mood

Pengertian Bad Mood

Bad mood adalah perubahan suasana hati secara tiba-tiba dan intens. Jika Anda pernah merasa marah atau frustasi ketika dalam keadaan bahagia, hal ini bisa jadi Anda mengalami perubahan suasana hati.

Perubahan emosi yang tiba-tiba dan dramatis ini tampaknya seperti terjadi tanpa alasan. Namun, ada beberapa penyebab umum yang mungkin dapat menjadi pemicu timbulnya bad mood.

Penyebab Bad Mood

Dalam beberapa kasus, bad mood merupakan gejala dari masalah kesehatan yang lebih serius. Bad mood dapat terjadi karena kondisi kesehatan mental, perubahan hormonal atau masalah penggunaan zat.

Kondisi Kesehatan Mental

Kondisi kesehatan mental dapat menyebabkan bad mood yang parah. Oleh karena itu, kondisi kesehatan mental sering disebut sebagai gangguan mood. 

Kondisi kesehatan mental tersebut meliputi:

  • Gangguan bipolar

Jika Anda mengalami gangguan bipolar, emosi Anda dapat berubah dari sangat senang hingga sangat sedih. Namun bad mood yang terkait dengan gangguan bipolar umumnya hanya terjadi beberapa kali dalam setahun, bahkan pada gangguan bipolar siklus cepat.

  • Gangguan siklotimik

Gangguan siklotimik atau siklotimia adalah gangguan mood ringan yang mirip dengan gangguan bipolar II. Jika mengalami gangguan siklotimik, maka Anda memiliki emosi yang naik turun tetapi tidak separah yang seperti gangguan bipolar.

  • Gangguan depresi mayor (MDD)

Jika Anda menderita MDD, maka Anda bisa mengalami kesedihan yang luar biasa untuk jangka waktu yang lama. MDD juga kadang-kadang disebut depresi klinis.

  • Distimia. 

Distimia atau yang sekarang disebut gangguan depresi persisten (PDD) adalah bentuk depresi kronis.

  • Gangguan kepribadian

Pada gangguan kepribadian tertentu, Anda bisa mengalami bad mood dalam waktu yang relatif singkat.

  • Gangguan disregulasi suasana hati (DMDD). 

DMDD biasanya hanya didiagnosis pada anak-anak. Jika menderita DMDD, anak dapat memiliki ledakan emosi yang tidak sesuai dengan tahap perkembangannya.

  • Kesehatan mental lainnya

Perubahan suasana hati yang ekstrem juga bisa dialami jika Anda memiliki kondisi kesehatan mental lainnya, seperti skizofrenia dan gangguan hiperaktif defisit perhatian (ADHD).

Kondisi Hormonal

Fluktuasi hormon juga dapat memengaruhi timbulnya bad mood. Hal ini ada hubungannya dengan hormon yang memengaruhi zat kimia di dalam otak.

Remaja dan wanita yang sedang hamil atau menopause dapat mengalami bad mood karena perubahan hormonal yang terkait dengan fase perkembangan tubuh.

Bad mood juga dapat terjadi lebih dari sekedar perubahan hormon. Oleh karena itu, jika Anda mengalami perubahan suasana hati yang ekstrem, segera konsultasikan kepada dokter.

Penggunaan Obat Tertentu

Bad mood juga dapat terjadi jika menggunakan narkoba atau minuman beralkohol. Penggunaan narkoba atau alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan kecanduan yang dapat mengganggu kehidupan dan aktivitas sehari-hari. Melihat hal tersebut, kini banyak program tersedia untuk membantu mengobati gangguan penyalahgunaan zat.

Kondisi kesehatan lainnya

Kondisi kesehatan lainnya juga dapat memicu timbulnya bad mood. Kondisi kesehatan ini termasuk kondisi yang memengaruhi paru-paru, sistem kardiovaskular, dan tiroid Anda. Kondisi yang memengaruhi sistem saraf pusat Anda juga dapat menyebabkan timbulnya bad mood.

Pemicu Umum

Bad mood memang dapat terjadi akibat kondisi medis, tapi hal-hal tertentu dapat memicunya, termasuk:

  • stres
  • perubahan drastis yang sedang terjadi dalam hidup
  • diet yang sedang dijalani
  • kebiasaan tidur
  • konsumsi obat-obatan.

Cara Mengatasi Bad Mood

Semua kondisi kesehatan mental seperti bad mood dapat dikelola dengan sejumlah metode kombinasi obat-obatan, perubahan gaya hidup dan psikoterapi.Jika Anda mengalami bad mood yang sering dan parah, segera konsultasikan dengan dokter. Mungkin ada gunanya bagi Anda untuk mencatat kapan mengalami bad mood dan apa yang Anda lakukan sebelum itu terjadi.  Hal ini dapat membantu dokter untuk mendiagnosis apakah Anda bereaksi terhadap perubahan gaya hidup atau apakah itu akibat dari masalah yang mendasarinya.