Kehamilan

Penyebab Perut Terasa Kencang Pada Setiap Trimester

Kehamilan adalah perjalanan yang penuh lika liku. Di atas semua perasaan tentang hidup yang berubah selamanya, tubuh Anda menjadi aneh dan sakit. Salah satu gejala kehamilan yang tidak terduga adalah perut terasa kencang.  

Pengencangan perut terjadi karena beberapa alasan, meskipun penyebabnya berbeda di setiap trimester. Inilah yang terjadi dengan perasaan mual di setiap bab perjalanan kehamilan Anda. Pada trimester pertama, terdapat tiga alasan perut terasa kencang, antara lain:

  • Terjadi penggembungan

Gas dan sembelit sering terjadi pada awal kehamilan, yang bisa membuat perut Anda terasa keras dan kencang. 

  • Sakit 

Rahimmu tumbuh seperti kotoran.  Terkadang jaringan dan ligamen di sekitarnya merasakan ketegangan. Semua peregangan itu dapat menyebabkan sesak, kram, atau bahkan rasa sakit yang menusuk di sisi perut Anda.

  • Peringatan keguguran

Kondisi ini sangat jarang terjadi, perut terasa kencang pada trimester pertama bisa mengindikasikan keguguran. Keguguran juga memiliki tanda peringatan lain, jadi segera hubungi dokter Anda jika Anda kurang yakin.

Saat trimester kedua dan perut Anda lebih menonjol, Anda mungkin merasakan perut terasa kencang yang disebut nyeri ligamen bundar. Pada dasarnya, ligamen di sekitar rahim Anda terentang seperti karet gelang.

Meskipun terasa sangat mengganggu saat merasakan nyeri menusuk di sekitar perut Anda, nyeri ligamen bundar benar-benar normal. Kemungkinan besar Anda akan merasakannya saat berganti posisi. Kemungkinan lain Anda memiliki rahim yang mudah teriritasi.

Dan ada kontraksi yang mungkin mulai Anda perhatikan pada trimester kedua. Jangan khawatir Anda belum saatnya melahirkan. Kontraksi kecil ini disebut Braxton-Hicks, dan itu adalah latihan tubuh Anda untuk yang kontraksi yang sebenarnya.

Pada trimester ketiga Anda mulai sering mengalami Braxton-Hicks, dan ya, Anda mungkin dalam bahaya persalinan nyata. Perut terasa kencang selama trimester ketiga sangat umum terjadi, tetapi itu tidak berarti Anda harus mengabaikannya. Anda disarankan untuk mengatur waktu kontraksi dan mencatat perbedaan antara persalinan palsu.

Perut terasa kencang adalah kondisi yang normal, tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat perut Anda lebih baik. Jika perut kencang Anda tidak membaik, segera menghubungi dokter Anda jika Anda khawatir.