Kesehatan Kulit

Kenali Perbedaan Essence dan Serum dalam Urutan Skincare Rutin

Mungkin masih banyak orang yang bingung apa sih perbedaan essence dan serum? Lalu apa pula bedanya dengan toner? Mana yang harus dipakai duluan? Nah, semua pertanyaan tersebut akan kita bahas selengkapnya di artikel berikut ini ya.

Mengenal Apa Perbedaan Essence dan Serum

Dari segi tekstur dan fungsi, essence dan serum sebenarnya hampir mirip sehingga banyak yang bingung apa perbedaan keduanya. Secara umum, ada beberapa perbedaan essence dan serum yang perlu diketahui, yaitu:

1. Perbedaan dari sisi tekstur

Meskipun essence dan serum sama-sama berbahan dasar air, perbedaan serum dan essence bisa dilihat dari teksturnya yang berbeda. Serum wajah punya tekstur yang lebih kental dan tebal, sedangkan essence umumnya lebih ringan. 

Tekstur essence sendiri lebih kental dibanding toner, namun tidak sekental serum. Serum ini memang lebih kental dan padat karena mengandung konsentrasi bahan aktif yang lebih banyak dibandingkan essence. Sehingga penyerapan kandungannya lebih maksimal ke dalam kulit wajah.

2. Perbedaan fungsi

Fungsi essence dan serum wajah juga berbeda tentunya. Serum biasanya mengandung hyaluronic acid, ceramide, dan bahan aktif lain yang bisa mencegah radikal bebas dan peradangan. 

Selain itu, serum juga ada yang mengandung bahan aktif berupa antioksidan, antipenuaan, zat pencerah kulit, asam glikolat, peptida, hingga berbagai jenis vitamin seperti A dan E.

Berbeda dengan essence yang biasanya mengandung asam hialuronat, gliserin, hingga sejumlah vitamin yang fungsinya untuk mencerahkan, menghidrasi, dan menghaluskan kulit. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kulit Anda. Essence juga bisa mencegah tanda penuaan dini hingga mengembalikan kelembapan kulit wajah.

3. Cara penggunaan

Selain tekstur dan fungsi, perbedaan essence dan serum juga bisa dilihat dari cara pakainya. 

Dalam rangkaian urutan penggunaan skincare, essence disarankan dipakai lebih dulu karena teksturnya yang lebih ringan dibandingkan serum. 

Kenali Tahapan Penggunaan Skincare yang Tepat

Agar tidak bingung lagi, yuk kenali tahapan urutan penggunaan skincare yang benar berikut ini.

  • Tahap cleansing

Pastikan bahwa wajah Anda bersih dengan menggunakan make up remover yang akan membantu mengangkat sisa kotoran dan makeup di wajah. 

Setelah itu, lanjut menggunakan sabun pembersih wajah. Penggunaan facial wash ini agar permukaan kulit dan pori-pori wajah Anda bersih sempurna. Sehingga siap menggunakan skincare setelahnya. 

1. Menggunakan toner

Setelah wajah benar-benar bersih, maka lanjut dengan penggunaan toner. Anda bisa memulai dengan exfoliating toner terlebih dahulu. Penggunaan exfoliating tiner ini cukup dilakukan beberapa kali seminggu saja untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Bisa juga dengan menggunakan scrub wajah.

Setelah itu, agar wajah tetap segar setelah di eksfoliasi, maka gunakan hydrating toner. Bisa langsung dituang ke telapak tangan atau tuang ke kapas terlebih dahulu baru aplikasikan ke wajah.

Tekstur hydrating toner ini ada yang cair mirip air, ada pula yang sedikit lebih kental. Anda bisa menggunakan jenis toner ini setiap hari.

2. Essence

Tahap selanjutnya adalah menggunakan essence atau booster. Produk ini memiliki fungsi untuk memberi nutrisi tambahan pada kulit wajah. 

Essence adalah produk yang berbahan dasar air namun tingkat konsentrasi bahan aktifnya lebih tinggi. Jika dibandingkan dengan toner, teksturnya sedikit lebih kental. Tapi tidak sekental serum wajah. 

Anda bisa langsung menuang essence ke telapak tangan, lalu aplikasikan ke wajah dengan ditepuk-tepuk pelan.

3. Serum wajah

Serum wajah merupakan produk dengan konsentrasi kandungan bahan aktif yang tinggi. Ada serum untuk melembapkan kulit wajah, hingga untuk mencerahkan kulit. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

Anda cukup meneteskan beberapa tetes serum ke telapak tangan, lalu ratakan ke seluruh wajah Anda.

4. Moisturizer

Agar semua produk yang dipakai di wajah bisa ‘terkunci’, Anda bisa menggunakan pelembap atau moisturizer. Pilih pelembap yang sesuai dengan jenis Anda. 

Pelembap terdiri dari berbagai tekstur seperti gel, krim, losion, hingga berbentuk oil. Anda bisa mengoleskan moisturizer ke seluruh wajah sambil dipijat. Jangan lupa tepuk-tepuk ringan agar pelembap meresap sempurna. 

Sebenarnya tahapan penggunaan skincare ini bisa berbeda-beda pada masing-masing orang tergantung kebutuhannya. Di siang hari, Anda perlu menggunakan sunscreen setelah moisturizer. Sedangkan di malam hari tentu tak perlu menggunakannya. 

Setelah tahapan moisturizer, bisa dilanjutkan dengan face oil serta sheet mask atau sleeping mask.