Uncategorized

Perbedaan Omron Thermometer Dahi, Telinga, dan Pensil

Termometer adalah pengukur suhu tubuh. Biasanya alat ini banyak digunakan untuk mengukur suhu orang yang demam. Di era pandemi termometer semakin banyak digunakan terlebih di berbagai fasilitas umum. Sebelum masuk ke tempat perbelanjaan, ke bank, naik transportasi umum, ke rumah ibadah pun diperlukan pengukuran suhu.

Termometer terdiri dari beberapa jenis dan telah banyak merek yang mengembangkannya. Satu dari semua merek itu adalah Omron thermometer yang menjadi pemimpin tren. Merek peralatan medis asal Jepang ini banyak digunakan dan ditemui.

Omron thermometer sendiri memiliki tiga jenis, yaitu dahi, telinga dan pensil. Tiap jenis memiliki spesifikasi dan kegunaannya sendiri. Cara pemakaian dan tambahan alatnya pun berbeda. Berikut ini perbedaan dari tiga jenis Omron thermometer tersebut.

Omron thermometer dahi

Termometer dahi membaca suhu tubuh menggunakan inframerah yang ditempatkan pada arteri temporal. Termometer dahi ini kemungkinan tidak seakurat dan terandalkan seperti termometer pensil digital. Jenis adalah tipe nir-kontak tanpa harus ditempelkan atau dimasukkan ke bagian tubuh. 

Hal ini membuatnya lebih nyaman dan dapat dilakukan bahkan ketika sedang tidur. Bentuknya biasanya seperti pistol atau disebut juga thermogun. Tentunya Anda pasti sudah sering melihat termometer ini bahkan memilikinya di rumah.

Merek Omron sendiri juga menawarkan jenis termometer dahi dengan nama MC-720. Omron thermometer dahi cocok digunakan untuk semua usia termasuk anak kecil dan bayi. Menggunakan satuan Ukur ° C / ° F serta dilengkapi dengan lampu backlight sehingga bisa dibaca dalam kondisi gelap. 

Hasil pengukuran terakhir akan tampil bersamaan dengan hasil pengukuran terkini. Omron thermometer dahi juga memiliki mode diam sehingga tidak menimbulkan suara saat dipakai maupun tidak sedang dipakai. Jenis ini juga memiliki total 25 memori yang tersimpan. Termometer ini 3 in 1 atau memiliki 3 fungsi pengukuran, yaitu:

  • Mode Pengukuran Dahi

Mode ini akan menampilkan suhu tubuh Anda dengan mendekatkannya sekitar 1-3 cm ke dahi. Alat ini bekerja untuk mengukur suhu di permukaan dahi yang telah didekatkan dengan merasakan emisi infra merah dari kulit. Setelah itu, nilainya akan dihitung dengan menggunakan algoritma unik tertentu berdasarkan data survei suhu tubuh yang sebenarnya.

  • Mode Suhu Ruangan

Alat ini akan menampilkan suhu ruangan bahkan setelah dimatikan.

  • Mode Pengukuran suhu permukaan objek/benda

Mode terakhir adalah untuk menunjukkan suhu permukaan suatu objek/benda yang pengaturannya sudah disesuaikan dan tentunya dari suhu tubuh. Mode ini dapat membantu Anda mengetahui suhu suatu objek / permukaan sehingga dapat menentukkan apakah objek tersebut sudah cocok untuk pasien atau bayi Anda misalnya mengukur suhu susu bayi yang Anda buat. 

Omron thermometer telinga

Termometer telinga juga digunakan untuk mengukur suhu tubuh. Sama seperti termometer dahi, termometer telinga juga menggunakan teknologi inframerah untuk mendapatkan pembacaan suhu tubuh. Termometer ini bisa kurang akurat jika terlalu banyak kotoran di telinga yang dapat memberikan pembacaan yang salah. 

Omron thermometer juga hadir dalam jenis ini dengan nama TH839S. Termometer ini lembut untuk bayi dan anak-anak. Omron thermometer telinga dilengkapi dengan 9 set memori, alarm dan desain ergonomis sehingga sangat mudah untuk disimpan di mana pun.

Anda juga bisa melengkapi termometer telinga ini dengan penutup telinga untuk menjaga kebersihan termometer dengan nama Ear Thermometer Probe Covers (MC-EP2) yang terjual terpisah. Unit ini bersifat opsional namun sangat direkomendasikan dimiliki.

Omron thermometer pensil

Termometer pensil adalah termometer yang sederhana dan kini sudah bersifat digital. Termometer pensil biasanya digunakan dengan cara diletakkan di bawah lidah, di ketiak, atau melalui dubur. Omron juga menyediakan jenis ini. Ada empat varian dari Omron thermometer pensil mulai dari spesifikasi yang sederhana hingga yang lebih canggih.

Umumnya, Omron thermometer pensil anti air, memiliki alarm, serta memiliki durasi pengukuran yang cepat. Keempat tipe tersebut adalah MC-343F, MC-341, MC-246, dan MC-245.

Suhu tubuh normal dan pembacaan suhu tubuh

Semua orang memiliki memiliki suhu tubuh normal yang berbeda-beda. Seperti Anda dan keluarga Anda pun memiliki suhu tubuh normal yang berbeda. Hal tersebut dapat dipengaruhi antara lain oleh usia, jenis kelamin, apa yang Anda makan atau minum, berada dalam siklus menstruasi tertentu, seberapa aktifkah Anda, dan waktu yang berjalan apakah itu pagi, siang, atau malam. 

Umumnya suhu tubuh yang normal rata-rata berada di kisaran 36,5-37,5 ° C. Nilai suhu tubuh juga tergantung dari tempat di mana pengukuran dilakukan. Hal ini bisa juga dipengaruhi oleh suhu ruangan. 

Ketersediaan termometer di rumah dapat menjadi pilihan yang tepat untuk berjaga-jaga. Termometer berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan akan lebih memudahkan Anda untuk mengetahui suhu tubuh Anda yang akurat. Termometer memiliki beberapa jenis dan merek. Salah satunya adalah Omron thermometer yang tersedia dalam jenis dahi, telinga, dan pensil.Dapatkan Omron thermometer berkualitas dan asli serta harga khusus hanya di Toko SehatQ. Kunjungi Toko SehatQ sekarang melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Unduh aplikasinya di Play Store dan App Store.