Rumah sakit

Persiapkan Kelahiran Anda di RSIA Sayyidah!

Persiapan persalinan yang matang akan membuat Anda lebih tenang saat mendekati hari kelahiran bayi. Jadi sebaiknya, catat baik-baik persiapan melahirkan apa saja yang harus Anda lakukan dan susun dengan baik sebelum saatnya tiba. Anda juga harus menanyakan kesiapan ruangan dan dokter dari rumah sakit. RSIA Sayyidah bisa menjadi salah satu solusi dari ketersediaan ruangan dan dokter. Hal ini terjadi karena Anda bisa mengeceknya melalui website atau telepon sehingga tidak perlu datang langsung ke rumah sakit.

Di era pandemi, melahirkan di rumah sakit khusus anak dan ibu menjadi pilihan alternatif. Jika menyusun dan melakukan persiapan melahirkan yang tepat, Anda tidak akan merasa kewalahan. Anda dapat mencentang setiap item dalam daftar catatan yang telah dibuat.

Berikut ini ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelum melahirkan yang disarankan oleh Obgyn dan agar siap menghadapi proses persalinan nanti.

  1. Buatlah catatan mengenai rencana melahirkan

Catatan ini berisi rumah sakit terdekat untuk melahirkan, siapa obgyn yang akan menangani persalinan, siapa saja orang yang boleh menemani Anda, mungkinkah mendokumentasikan proses kelahiran si Bayi, tindakan medis apa saja yang mungkin diberikan saat melahirkan, bagaimana tentang suntik epidural dan mengatasi rasa sakit saat persalinan. Catatan ini sebaiknya di konsultasikan dengan dokter kandungan dan tenaga medis di tempat bersalin terkait sebelum tanggal kelahiran tiba. Sehingga keperluan persalinan yang Anda inginkan dapat terakomodasi.

  1. Memilih dokter anak

Meski dirasa terlalu awal, tapi memilih dokter anak sebelum melahirkan adalah waktu yang tepat. Sebab di minggu-minggu awal pasca kelahiran, Anda membutuhkan tenaga spesialis untuk memantau perkembangan dan kondisi kesehatan anak, seperti tingkat bilirubin, pemilihan vaksin imunisasi, atau beberapa masalah kesehatan yang dialami newborn.

  1. Persiapan menyusui

Pemberian ASI sangat baik dilakukan segera setelah melahirkan melalui Inisiasi Menyusui Dini (IMD). Kemudian dilanjutikan pemberian ASI Eksklusif selama 6 bulan pertama usia bayi. Tapi proses ini tidak semudah yang dikira. Itu sebabnya, Anda perlu mempersiapkan ASI sebelum melahirkan dengan mengikuti kelas menyusui dan berkonsultasi dengan konselor laktasi.

  1. Menunda pemotongan tali pusar

Saat ini, banyak hasil riset yang menyatakan bahwa menunda pemotongan tali pusar bayi setelah lahir bermanfaat besar bagi kondisi kesehatannya. Meski begitu belum semua tenaga medis melakukannya. Jadi Anda perlu menanyakan perihal ini kepada obgyn atau bidan sebelum memutuskan dan memilih tempat persalinan yang mendukung keputusan Anda.

  1. Pertimbangan stem sel tali pusar

Berdasarkan hasil penelitian, ada beberapa langkah pasca melahirkan yang baik untuk kesehatan bayi. Seperti menyimpan darah tali pusar di stem sel bank untuk kemungkinan menggunakannya di masa datang. Sebelum melahirkan, perbanyak informasi tentang hal ini dengan segala kemungkinan baik dan buruknya untuk Anda dan Si Bayi.

  1. Cari tahu tentang vaksin untuk anak

Setelah kelahiran, bayi memerlukan vaksin untuk membangun sistem kekebalan tubuhnya dari bakteri dan virus penyakit. Kini banyak ragam vaksin dengan plus-minus sistem kerja dan variasi harganya. Salah satunya vaksin yang dirancang tanpa efek demam dan bengkakĀ  pada anak, tapi dibandrol dengan harga yang mahal. Sebaiknya Anda mencari informasi sedetil mungkin soal ini untuk menentukan mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan bayi dan Anda.

  1. Siapkan perlengkapan melahirkan dalam tas

Menjelang tanggal prediksi melahirkan, persiapkan barang-barang yang dibutuhkan untuk persalinan Anda. Idealnya persiapan ini dilakukan saat memasuki usia kandungan 8 bulan atau 36 minggu. Masukan beberapa pakaian dan perlengkapan pasca persalinan ke dalam tas untuk beberapa hari perawatan di rumah sakit atau tempat bersalin. Sertakan sebagian kecil perlengkapan bayi untuk digunakan saat keluar dari rumah sakit seperti pakaian bayi, selimut, topi bayi, dan car seat untuk newborn.

Itulah beberapa persiapan yang bisa Anda lakukan sebelum melakukan persalinan di RSIA Sayyidah. Persiapan ini tentunya akan sangat membantu Anda. Lakukan persiapan ini bersama dengan suami atau keluarga yang lain, jadi jika terjadi kondisi melahirkan mendadak, tas yang sudah disiapkan dapat diketahui oleh banyak orang.