Hidup Sehat

Perubahan Bentuk Puting Payudara Saat Kehamilan? Ini Penjelasannya!

Kehamilan sering kali membuat tubuh seorang wanita berubah, beberapa perubahan yang sering terjadi selama kehamilan antara lain indra penciuman yang sensitif, flek dan perubahan pada payudara, salah satunya bentuk puting payudara.

Pada pembahasan kali ini, akan dijelaskan bagaimana bisa terjadinya perubahan pada payudara dan sekitarnya selama kehamilan. Serta beberapa perubahan payudara lainnya yang dialami wanita selama masa kehamilannya.

Apa saja perubahan puting saat Anda hamil?

Bagi kebanyakan wanita, payudara secara keseluruhan akan tumbuh lebih besar (beratnya bertambah 1-1 ½ pon selama kehamilan Anda), sedangkan putting akan mengalami banyak perubahan, seperti perubahan bentuk, ukuran, dan kepekaan.

Biasanya, mereka akan semakin besar dan gelap dan wanita akan sering melihat tonjolan kecil di permukaan area putting mereka. Anda akan mengalami puting susu yang semakin gelap selama kehamilan dan menjadi semakin gelap saat bayi Anda lahir. Putting Anda juga akan mulai memproduksi dan mungkin mengeluarkan kolostrum menjelang akhir kehamilan Anda.

Mengapa bentuk puting payudara berubah saat hamil?

Perubahan hormonal, peningkatan jaringan payudara, dan penyimpangan lemak berperan dalam perubahan payudara dan puting. Sebagian besar terjadi saat tubuh Anda bersiap untuk memberikan makanan (susu/ASI) kepada bayi Anda. Untuk mencapai ini, saluran susu berkembang biak, kantong susu (alveoli) tumbuh, dan suplai darah meningkat di payudara Anda selama kehamilan.

Dan, beberapa benjolan kecil yang disebutkan di atas yang muncul selama kehamilan adalah kelenjar yang membesar dan dikenal sebagai kelenjar Montgomery. Kelenjar ini memberikan pelumas yang menenangkan dan antibakteri untuk melindungi puting susu. Mereka juga akan mengeluarkan aroma yang membantu bayi yang baru lahir menemukan puting susu saat lahir dan mulai menyusui.

Apakah bentuk puting payudara akan kembali normal?

Segala sesuatu mulai dari genetika, ukuran payudara, dan BMI sebelum kehamilan, kenaikan berat badan selama kehamilan, usia, dan status merokok dapat mempengaruhi seberapa cepat Anda kembali ke bentuk sebelum hamil.

Untuk wanita yang tidak memilih menyusui, warna dan ukurannya biasanya akan kembali normal dengan cepat karena tubuh Anda berhenti memproduksi hormon. Ibu menyusui akan menemukan bahwa putting mereka tetap gelap lebih lama, dan kemungkinan mulai terang kembali setelah berhenti menyusui.

Namun, kini ada beberapa krim yang dapat membantu meringankan ketidaknyamanan, tetapi pastikan untuk tidak menggunakan krim anti-pigmentasi. Penggelapan disebabkan disebabkan oleh aliran darah, bukan melanin, dan krim anti-pigmentasi dapat menyebabkan perubahan warna pada puting susu secara permanen.

Perubahan payudara dalam kehamilan

Seperti hampir semua gejala lain yang berhubungan dengan kehamilan, nyeri payudara pada kehamilan dikaitkan dengan penyebab utama, estrogen dan progesterone. Hormon yang sama yang dapat menyebabkan pembentukan payudara Anda ketika Anda masih remaja dan pra-puber, dan sekarang bertindak untuk mempersiapkan untuk menyusui. Berikut beberapa perubahan payudara di awal hingga minggu demi minggu kehamilan:

  • Perubahan minggu 1-3. Sebagian besar perubahan terjadi selama minggu kedua dan Anda menghadapi peningkatan kepekaan, terutama di sisi di mana arteri mammae internal berada. Saluran susu dan tunas alveolar tumbuh dengan cepat selama periode ini.
  • Minggu ke 4 hingga 6. Perubahan pada puting terlihat pada periode ini. Peningkatan suplai darah menyebabkan sensasi tertusuk yang disertai kesemutan di sekitar puting susu. Kesemutan juga bisa dipicu oleh perubahan suhu. Pada akhir fase ini, peningkatan pigmentasi akan membuat areola Anda tampak lebih gelap dan putting akan lebih menonjol.
  • Minggu ke 7 hingga 9. Pada minggu ini payudara mulai tumbuh lebih besar, karena lemak menumpuk dan saluran susu semakin bertambah. Lobulus dibentuk oleh alveoli yang tumbuh membuatnya terasa sakit dan lembut. Tuberkel Montgomery atau jerawat kecil di sekitar areola muncul sekitar minggu ke-8. Pada minggu ke-12, areola yang gelap dikelilingi oleh areola kedua dari jaringan yang lebih terang dan puting yang terbalik dikoreksi.
  • Perubahan minggu ke 10 hingga 12. Ini dimana bentuk puting payudara akan menonjol sepenuhnya, dan Anda pasti akan melihat perbedaannya, terutama jika ini adalah kehamilan pertama Anda.

Jadi, bentuk puting payudara yang berubah adalah hal normal yang terjadi pada setiap wanita hamil, dan akan mengalami beberapa perubahan lain selama masa kehamilan dari setiap minggunya. Namun, jika payudara atau puting terus menerus merasa nyeri selama beberapa bulan ada baiknya untuk mengkonsultasikan hal ini pada dokter Anda untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.