Hidup Sehat

Pilih Warna Cat Kamar Tidur dengan Psikologi Warna

Ruang tidur adalah tempat yang Anda habiskan untuk beristirahat setelah seharian penuh lelah dengan berbagai aktivitas. Tentu Anda ingin memiliki warna cat kamar tidur yang dapat membuat Anda merasa nyaman berada di dalamnya. Untuk itu, Anda perlu mengetahui konsep psikologi warna agar tidak salah pilih. 

Warna cat kamar tidur yang menenangkan adalah biru langit alias sky blue

Mengenal Konsep Psikologi Warna

Pada dasarnya, setiap warna memiliki arti tersendiri. Psikologi warna merupakan teori yang menjelaskan pengaruh warna terhadap perasaan hingga perilaku seseorang. 

Meskipun sebenarnya persepsi satu orang terhadap warna akan berbeda-beda, tapi ada beberapa warna yang artinya sama untuk kebanyakan orang atau punya arti universal. 

Misalnya, untuk kelompok warna merah biasanya dikenal hangat, membangkitkan berbagai emosi, mulai dari marah, hangat, nyaman, hingga kebencian. 

Sedangkan kelompok warna biru dikenal sebagai warna dingin. Kelompok warna ini dilambangkan sebagai ketenangan, tapi juga bisa bermakna sedih atau perasaan terabaikan. 

Warna mempengaruhi kerja otak juga, lho. Pengaruh warna mungkin bisa berbeda terhadap psikologi seseorang, yang dipengaruhi oleh usia, pengalaman, selera, jenis kelamin, hingga budaya. Selain diaplikasikan pada pewarnaan ruangan atau rumah, psikologi warna juga diterapkan saat memilih pakaian yang dipakai. Penggunaan warna di rumah juga bisa mempengaruhi emosional keluarga.

Arti Warna Sesuai Psikologi Warna

  1. Warna putih

Putih biasanya menggambarkan kesucian, kedamaian, kepolosan, dan kekosongan. Putih sebagai lambang awal yang baru dan memberi efek luas pada ruangan. Namun, warna putih juga bisa berarti warna yang mendeskripsikan perasaan dingin, steril, dan hambar. Sehingga bisa terasa membosankan. 

  1. Warna hitam

Warna hitam biasanya digunakan sebagai simbol ancaman atau kekuatan. Umumnya warna hitam berarti kemisteriusan, kekuatan, rasa tidak bahagia, atau keberanian. 

Hitam juga sering dikaitkan dengan warna kematian atau berkabung. Hitam memberi kesan tidak bahagia, formalitas, seksualitas, hingga mutakhir. Namun, dalam dunia fashion, penggunaan warna hitam bisa membuat tubuh terlihat langsing. 

  1. Warna biru

Warna biru menggambarkan kestabilan, ketenangan, produktif, dan kesedihan. Warna ini memberi perasaan aman, tenang, dan juga damai. Tak jarang warna biru juga digambarkan sebagai stabilitas. 

Namun, ternyata warna yang tergolong dingin ini bisa menciptakan rasa sedih atau menyendiri. Banyak yang menggunakan warna ini untuk menghias ruangan kantor. Sebab, warna ini membuat seseorang lebih produktif. 

  1. Warna hijau

Anda harus mengetahui arti warna hijau jika ingin menggunakannya sebagai warna cat kamar tidur. Warna hijau menggambarkan warna alam, keberuntungan, kecemburuan, dan keamanan. Hijau ini menjadi warna lambang kesuburan. 

Warna hijau juga memiliki efek menenangkan dan bisa menghilangkan stres. Bahkan penggunaaan warna hijau sebagai alas membaca bisa meningkatkan kemampuan membaca seseorang.

  1. Arti warna merah

Warna merah menggambarkan gairah, cinta, kekuatan, dan kemarahan. Warna yang cerah ini bisa membangkitkan emosi yang kuat. Merah juga berkaitan dengan rasa nyaman, hangat, dan kekuatan.

  1. Warna ungu

Warna ungu menggambarkan kebijaksanaan, imajinasi, kekayaan, dan misterius. Ungu juga terlihat sebagai warna mewah dan eksotis. Menurut teori psikologi warna, warna ungu ini dapat menenangkan dan membangkitkan imajinasi seseorang.

  1. Warna kuning

Warna kuning biasanya menggambarkan keceriaan, kehangatan, energi, dan perhatian. Kuning disebut sebagai warna yang paling terlihat, sehingga memilih kuning sebagai warna cat kamar tidur akan menarik perhatian. 

Akan tetapi, karena banyak cahaya yang dipantulkan oleh warna kuning, membuat seseorang sulit dibaca. Selain itu juga bisa menciptakan frustasi.

  1. Warna jingga

Warna jingga atau oranye menjadi lambang kebahagiaan, energi, antusiasme, dan fokus. Jingga adalah perpaduan dari merah dan kuning sehingga bisa menimbulkan perasaan hangat, bahagia, dan antusias. Bahkan warna ini juga untuk menarik perhatian.

  1. Warna pink

Warna pink atau merah muda memang terkenal sebagai lambang keromantisan, ketenangan, dan kebaikan. Pink disebut punya efek menenangkan, tapi efek ini hanya saat paparan awal saja. Merah muda juga menjadi simbol warna feminin, berkaitan dengan sifat kasih sayang dan kelembutan. 

  1. Warna coklat

Warna coklat melambangkan keamanan, kekuatan, alam, dan juga isolasi. Warna ini juga bisa membangkitkan ketahanan dan kekuatan. Tak jarang warna coklat juga berkaitan dengan kehangatan. Di sisi lain, warna coklat juga melambangkan perasaan sedih, sepi, dan terasingkan. 

Rekomendasi Warna Cat Kamar Tidur yang Menenangkan

Setelah mengetahui psikologi warna, tentu Anda perlu mempertimbangkan pemilihan warna cat kamar tidur yang sesuai dengan emosi dan kecocokan dengan furnitur di kamar. 

Ada beberapa pilihan warna yang bisa dijadikan untuk mengecat tembok kamar tidur yang memberikan ketenangan, yaitu:

  • Biru langit
  • Biru es
  • Hijau sage
  • Hijau mint
  • Lilac atau lavender
  • Putih gading
  • Tan atau krem kecoklatan
  • Abu-abu muda
  • Mauve
  • Kuning butter

Warna-warna spektrum hijau atau biru bisa jadi pilihan untuk warna cat kamar tidur karena memiliki efek menenangkan. Kamar tidur dengan warna-warna di atas bisa membuat tidur Anda lebih nyenyak dan merasa lebih santai saat berada di dalamnya.