Bayi & Menyusui

Sudah Amankah Posisi Tidur Bayi? Cek Tipsnya

Sudah Amankah Posisi Tidur Bayi? Cek Tipsnya

Saat bayi tidur, Anda pasti senang karena artinya Anda juga bisa mengambil istirahat sejenak. Namun jangan lupa, perhatikan selalu posisi tidur bayi. Posisi tidur yang salah bisa berisiko menimbulkan masalah kesehatan bagi bayi sampai kematian mendadak. 

Kondisi ini terjadi karena sistem pernapasan dan imunitas bayi masih tergolong rendah sebelum usia 2 tahun. Karena itu, posisi tidur bayi yang salah bisa mengganggu sistem pernapasannya dan membuatnya kesulitan bernapas hingga akhirnya gagal napas jika tidak Anda tolong dengan segera. 

Jadi, bagaimanakah mengetahui posisi tidur bayi cukup aman untuk keselamatannya? Tidak usah ambil pusing. Berikut ini adalah beberapa tips posisi tidur bayi yang aman dan dapat Anda terapkan sesegera mungkin 

Pastikan Posisi Tidur Bayi Telentang 

Posisi tidur bayi Anda masih cenderung miring atau justru tengkurap? Segera ubah kebiasaan tersebut. Pastikan Anda selalu menaruh bayi untuk tidur dengan posisi telentang setiap kali hendak tidur. Ini merupakan posisi terbaik untuk membuat pernapasannya berjalan lancar sehingga risiko kematian mendadak dapat diminimalkan sekecil mungkin. 

Susui Sebelum Tidur 

Pastikan Anda menyusui bayi sebelum tidur. Dalam sebuah survei dan penelitian, menyusui bayi saat ia hendak tidur sampai ia mengantuk bisa membuat risiko gagal napas ketika tidur terhindari. Namun, jangan salah kaprah. Anda cukup menyusui si kecil sampai ia mengantuk, kemudian tinggal menimang atau menepuk dan mengusap punggungnya guna membuatnya terlelap. Jangan biasakan menyusuinya sampai benar-benar tertidur karena hanya akan membuat risiko tersedak dan perut kembung semakin besar. 

Sebaiknya Bayi Tidur Terpisah 

Bagaimana cara tidur bayi Anda selama ini? Masih banyak orang memilih tidur satu ranjang dengan bayi. Posisi tidur bayi seperti itu sangat berisiko. Pasalnya, bayi bisa saja tertiban oleh Anda, khususnya ketika Anda sedang benar-benar tertidur lelap dan dalam kondisi lelah. Cobalah untuk memisahkan tempat tidur bayi dalam keranjang tersendiri. Untuk bayi di bawah satu tahun, memutuskan tidur dalam satu kamar dan di ranjang yang terpisah adalah pilihan terbijak. 

Pakaikan Selimut? Pertimbangkan Lagi 

Anda mungkin berpikir posisi tidur bayi dengan selimut akan membuatnya nyaman dan tidurnya menjadi lelap sepanjang malam. Jangan salah. Posisi tidur bayi dengan selimut justru rentan bisa berisiko bayi kesulitan bernapas apabila selimutnya tertarik sampai menutupi wajah. Jadi jika Anda masih sering memakaikan selimut ke bayi, coba pertimbangkan lagi. Lebih baik Anda menurunkan suhu udara di ruangan daripada memakaikannya selimut yang berisiko, bukan? 

Singkirkan Semua Mainan 

Mainan yang terlalu banyak di ranjang bayi bisa memicu bahaya, walaupun posisi tidur bayi sebenarnya sudah tepat. Adanya mainan di sekelilingnya juga rentan membuat bayi ingin menggapai mainan tersebut hingga posisi tidurnya berubah menjadi berbahaya. Jadi setiap bayi hendak tidur, cobalah untuk menyingkirkan seluruh mainannya. Biarkan ranjang bayi bersih untuk persiapan tidur sang buah hati. 

Gunakan Kasur Datar dan Kuat 

Kualitas kasur bisa sangat berpengaruh pada posisi tidur bayi yang aman. Pastikan Anda menggunakan kasur yang datar dan kuat sebagai tempat tidur bayi. Jangan sampai, tempat tidur bagi mudah “mendelep” sehingga membuat bayi terjebak ke bawah dan sulit untuk bergerak ataupun bernapas. Pastikan pula kasur bayi datar supaya ia tidak mudah terguling sehingga posisi tidur bayi berubah menjadi berbahaya. 

Jadi dari semua tips di atas, bagian mana saja yang sudah Anda praktikkan untuk posisi tidur bayi yang aman? Jika ada yang belum, segera digenapi, yuk.