Uncategorized

Ragam Fasilitas di Klinik Kimia Farma Makassar

Kimia Farma adalah salah satu perusahaan farmasi yang sudah berdiri lama dan ramah di masyarakat. Kimia Farma Makassar tak hanya menawarkan berbagai obat-obatan tapi juga pemeriksaan kesehatan seperti medical checkup.

Pemeriksaan kesehatan ini dilakukan di laboratrium klinik Kimia Farma yang sudah tersebar di beberapa daerah, salah satunya di Makassar, Sulawesi Selatan. Kimia Farma Makassar menjadi fasilitas untuk membantu warga Makassar dalam memberikan layanan pemeriksaan kesehatan dan edukasi mengenai kesehatan yang memadai.

Ada berbagai cabang dan juga panel pemeriksaan atau medical checkup yang tersedia, mulai dari pemeriksaan laboratorium hingga penunjang diagnostik lainnya. Berikut ragam fasilitas di Kimia Farma Makassar.

Klinik Kimia Farma Makassar

Ada dua lokasi laboratorium klinik Kimia Farma Makassar yang dapat Anda kunjungi, yaitu di Jl. Ahmad Yani No.17-19, Pattunuang, Kecamatan Wajo, Kota Makassar dan Jl. Sultan Hasanuddin, Baru, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar. 

Untuk laboratorium klinik yang bertempat di Jl. Ahmad Yani, beroperasi setia hari Senin sampai Sabtu mulai pukul 07.00 hingga 21.00. Sedangkan untuk yang bertempat di Jl. Sultan Hasanuddin, beroperasi setiap hari Senin hingga Sabtu pukul 08.00 hingga 21.00.

Fasilitas di Kimia Farma Makassar

Fasilitas yang terdapat di Kimia Farma Makassar, antara lain:

  • Poli klinik
  • Laboratorium
  • Radiologi
  • Apotek
  • Tempat parkir 
  • Ruang tunggu

Layanan pemeriksaan kesehatan yang tersedia di Kimia Farma Makassar

Prosedur medis yang tersedia di Kimia Farma Makassar, meliputi:

  • Medical Checkup

Pemeriksaan keseluruhan kesehatan tubuh, baik secara laboratorium maupun penunjang lainnya yang dilakukan secara rutin. Ini berguna untuk menentukan status umum kesehatan Anda, memberi kesempatan untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan tentang rasa sakit atau gejala yang sedang Anda alami, serta mengetahui langkah apa yang dapat dilakukan untuk perawatan jika terlihat adanya gangguan kesehatan.

  • Pemeriksaan COVID

Pemeriksaan COVID yang tersedia di Kimia Farma Makassar meliputi, PCR Swab Test, Swab Antigen, Vit D-25 OH, dan antibodi kuantitatif. Keempat tes tersebut tersedia di klinik langsung maupun home care.

  • Tes Darah

Tes darah untuk mengetahui golongan darah, tekanan darah, hitung darah lengkap, dan untuk mendeteksi masalah kesehatan lainnya tersedia di klinik ini. 

Tes skrining

Tes skrining adalah tes saring untuk mendeteksi potensi gangguan kesehatan atau penyakit pada orang yang tidak memiliki gejala penyakit. Tes ini tidak dianggap sebagai tes diagnostic untuk menentukan penyakit yang ada saat itu, tapi untuk deteksi dini dan perubahan gaya hidup atau pengawasan, untuk mengurangi risiko penyakit, dan mengobatinya secara efektif. 

Tes skrining yang terdapat di Kimia Farma Makassar, yaitu skrining hepatitis dan skrining sifilis.

  • Pemeriksaan kesehatan reproduksi, kesuburan, dan pra kehamilan

Panel pemeriksaan ini terdiri dari pap smear, pemeriksaan kesuburan, pemeriksaan TORCH, dan tes kehamilan. 

  • Pemeriksaan jantung dan paru-paru 

Pemeriksaan ini digunakan untuk melihat dan mendiagnosa apakah ada gangguan, kelainan, atau penyakit di paru-paru dan jantung beserta area sekitarnya. Ini terdiri dari pemeriksaan laboratorium dan pemeriksaan penunjang, yang berupa tes fungsi paru, stress test, rontgen dada, dan EKG.

  • Pemeriksaan organ dan sistem pencernaan

Pemeriksaan ini meliputi pemeriksaan fungsi organ-organ pencernaan, seperti pemeriksaan fungsi ginjal dan uji fungsi hati.

  • Pemeriksaan hormon atau senyawa dalam tubuh lainnya

Pemeriksaan ini dapat dilakukan untuk mendeteksi, menemukan, mengukur senyawa atau hormon dalam tubuh yang hasilnya dapat digunakan sebagai acuan untuk mencegah atau mengobati kelainan atau ketidaknormalan. 

Ini meliputi, pemeriksaan diabetes, pemeriksaan eletrolit, pemeriksaan endokrin, pemeriksaan feses, dan profil lipid.

  • Tes alergi

Tes alergi digunakan untuk mengetahui apakah tubuh Anda memiliki reaksi alergi terhadap zat tertentu dan pemeriksaannya dilakukan dengan tes darah, tes kulit, atau diet eliminasi.

  • Tes HIV

Tes ini sebagai cara untuk mengetahui apakah Anda memiliki virus HIV dalam tubuh. HIV yang kepanjangannya Human Immunodeficiency Virus adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Tes ini memeriksa darah atau cairan tubuh lainnya untuk melihat apakah Anda terinfeksi.

  • Tes pendengaran

Tes pendengaran dilakukan untuk mengetahui seberapa baik fungsi organ pendengaran Anda untuk mendengar suara tertentu. 

  • Tes urin

Tes urin dilakukan untuk memeriksa apakah ada gangguan, kelainan atau penyakit dalam tubuh. 

  • Tes widal

Tes widal adalah pemeriksaan yang dilakukan untuk memastikan diagnosis tipes atau demam tifoid, penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Salmonella.

  • Tumor marker

Tumor marker atau penanda tumor adalah pemeriksaan untuk mencari penanda tumor atau kanker, dalam darah, urin, atau jaringan tubuh. Penanda tumor sendiri adalah zat yang dibuat oleh sel kanker atau oleh sel normal sebagai respons terhadap kanker di dalam tubuh.

  • Usg perut/abdomen

USG perut atau abdomen merupakan pencitraan ultrasound perut menggunakan gelombang suara untuk menghasilkan gambar struktur di dalam perut bagian atas. Ini digunakan untuk membantu mendiagnosis nyeri atau distensi (pembesaran) dan mengevaluasi ginjal, hati, kantong empedu, saluran empedu, pankreas, limpa dan aorta perut.

Kimia Farma Makassar menyediakan berbagai panel pemeriksaan kesehatan yang cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan pemeriksaan Anda. Beberapa pemeriksaan mungkin memerlukan perjanjiaan, Anda bisa menghubungi terlebih dahulu pihak cabang terkait. 

Anda juga bisa melihat jadwal praktik dokter dan ragam pelayanan yang tersedia, serta informasi lebih banyak tentang Kimia Farma Makassar di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya sekarang di App Store atau Play Store.