Resep

Resep Overnight Oat Lezat, Apa Manfaatnya?

Apakah Anda memiliki banyak resep overnight oat yang lezat? Oat merupakan salah satu gandum paling sehat di muka bumi. Oat merupakan gandum utuh yang bebas gluten. Oat mengandung banyak vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang penting untuk tubuh. Studi bahkan menunjukkan bahwa oat dan oatmeal memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh, seperti menurunkan berat badan, menurunkan level gula darah, dan mengurangi risiko penyakit jantung. 

Resep overnight oat ternyata mudah untuk dibuat

Oat yang sering digunakan dalam resep overnight oat makanan gandum utuh dengan nama ilmiah Avena sativa. Oat biasanya dikonsumsi di pagi hari sebagai oatmeal, atau dibuat dengan cara direbus dalam air atau susu. Oat juga sering ditambahkan ke dalam muffin, kue, dan roti. Komposisi nutrisi dalam oat sangatlah seimbang. Oat merupakan sumber karbohidrat dan serat, termasuk serat kuat beta-glucan. Oat mengandung banyak protein dan lemak apabila dibandingkan dengan produk gandum lainnya. Vitamin, mineral, dan senyawa tanaman antioksidan yang penting banyak ditemukan di dalam oat. Dalam 78 gram oat kering mengandung 51 gram karbohidrat, 13 gram protein, 5 gram lemak, dan 8 gram serat, namun hanya dengan 303 kalori saja. Ini berarti oats adalah salah satu makanan dengan nutrisi paling padat yang bisa Anda konsumsi. 

Oat utuh kaya kandungan antioksidan, termasuk avenanthramides

Oat utuh mengandung banyak antioksidan serta senyawa tanaman bermanfaat yang dikenal dengan sebutan polifenol. Yang paling mencolok adalah sekelompok antioksidan unik yang disebut avenanthramides, yang mana hanya bisa ditemukan di dalam oat. Avenanthramide dapat membantu menurunkan level tekanan darah dengan cara meningkatkan produksi nitric oxide. Molekul gas ini dapat membantu memperbesar pembuluh darah, mengakibatkan aliran darah yang lebih baik. Sebagai tambahan, avenanthramide memiliki efek anti peradangan dan anti gatal. Asam ferulic juga ditemukan dalam jumlah yang melimpah di dalam oat. Asam ferulic adalah salah satu antioksidan lain. 

Oat juga mengandung beta-glucan dalam jumlah yang sangat tinggi. Beta-glucan adalah salah satu jenis serat larut. Beta-glucan akan larut sebagian di dalam air dan membentuk larutan seperti gel yang kental di dalam usus. Manfaat kesehatan serat beta-glucan di antaranya adalah mengurangi level LDL dan kolesterol total, mengurangi gula darah dan respon insulin, meningkatkan rasa kenyang, dan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di saluran pencernaan. 

Menurunkan level kolesterol dan melindungi dari kerusakan akibat kolesterol LDL

Penyakit jantung merupakan penyebab kasus kematian tertinggi di dunia. Salah satu faktor risiko terbesar untuk penyakit ini adalah kolesterol darah yang tinggi. Banyak studi telah menunjukkan bahwa serat beta-glucan dalam oat efektif dalam mengurangi level kolesterol LDL dan total. Buta-glucan dapat meningkatkan pengeluaran empedu tinggi kolesterol, sehingga dapat mengurangi level kolesterol yang bersirkulasi dalam darah. Oksidasi kolesterol LDL, yang mana terjadi ketika LDL bereaksi dengan radikal bebas, merupakan faktor lain dalam perkembangan penyakit jantung. Hal ini memproduksi peradangan di arteri, merusak jaringan, dan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Penelitian melaporkan antioksidan bekerja bersama vitamin C guna mencegah oksidasi kolesterol LDL. 

Ada banyak resep overnight oat yang bisa Anda coba di rumah guna mendapatkan semua manfaat yang terkandung di dalamnya. Campur oat dengan yogurt favorit, buah segar, dan kacang, serta pemanis seperti madu ataupun biji vanilla sesuai selera. Masukkan ke dalam wadah dan tutup rapat, lalu simpan semalaman di dalam lemari pendingin. Anda bisa mengonsumsinya keesokan harinya.