Uncategorized

Rumah Sakit di Samarinda Medika Citra Sediakan Layanan Endoskopi

Rumah Sakit di Samarinda Medika Citra, berada di Jl. Kadrie Oening No.86, RT.35, Air Putih, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Rumah sakit ini memiliki banyak layanan medis yang cukup lengkap, salah satunya endoskopi. Endoskopi adalah prosedur non-bedah yang digunakan untuk memeriksa saluran pencernaan seseorang. 

Alat ini memiliki tabung fleksibel dengan lampu dan kamera yang terpasang padanya. Dokter dapat melihat gambar saluran pencernaan Anda pada monitor TV berwarna menggunakan endoskop. Selama proses endoskopi bagian atas, endoskopi dengan mudah melewati mulut dan tenggorokan dan masuk ke kerongkongan. Proses ini memungkinkan dokter untuk melihat kerongkongan, lambung, dan bagian atas usus kecil.

Selain itu, endoskopi dapat dimasukkan ke dalam usus besar (kolon) melalui rektum untuk memeriksa area usus ini. Prosedur ini disebut sigmoidoskopi atau kolonoskopi tergantung pada seberapa jauh usus besar diperiksa.

Suatu bentuk khusus dari endoskopi yang disebut endoskopik retrograde cholangiopancreaticography, atau ERCP, memungkinkan pengambilan gambar pankreas, kantong empedu, dan struktur terkait. ERCP juga digunakan untuk penempatan stent dan biopsi.

Tidak hanya itu, teknik ini juga memiliki ultrasonografi endoskopi atau EUS yang menggabungkan pemeriksaan endoskopi atas dan ultrasonografi. Proses ini berguna untuk mendapatkan gambar dan informasi tentang berbagai bagian saluran pencernaan.

Orang yang memerlukan pemeriksaan endoskopi

Tidak semua orang membutuhkan pemeriksaan menggunakan endoskopi. Dokter di Rumah Sakit di Samarinda Medika Citra umumnya akan sering merekomendasikan endoskopi untuk mengevaluasi:

– Sakit perut

– Bisul, gastritis, atau kesulitan menelan

– Perdarahan saluran pencernaan

– Perubahan kebiasaan buang air besar (konstipasi kronis atau diare)

– Polip atau pertumbuhan di usus besar

Selain itu, dokter mungkin menggunakan endoskopi untuk melakukan biopsi (pengangkatan jaringan) untuk mencari keberadaan penyakit. Endoskopi juga dapat digunakan untuk mengobati masalah saluran pencernaan. Misalnya, endoskopi mungkin tidak hanya mendeteksi perdarahan aktif dari ulkus, tetapi perangkat dapat dilewatkan melalui endoskopi yang dapat menghentikan perdarahan. Di usus besar, polip dapat diangkat melalui ruang lingkup untuk mencegah perkembangan kanker usus besar. Selain itu, menggunakan ERCP batu empedu yang telah keluar dari kantong empedu dan masuk ke dalam saluran empedu juga dapat diangkat.

Apakah endoskopi aman?

Prosedur endoskopi di Rumah Sakit di Samarinda Medika Citra dilakukan oleh spesialis gastroenterologi (ahli gastroenterologi). Spesialis lain seperti ahli bedah gastrointestinal juga dapat melakukan banyak dari prosedur ini.

Secara keseluruhan, endoskopi Rumah Sakit di Samarinda Medika Citra sangat aman, karena ditangani oleh tenaga medis yang sudah ahli. Namun, prosedur ini memang memiliki beberapa komplikasi potensial, yang mungkin terjadi, termasuk:

– Perforasi (robek pada dinding usus)

– Reaksi terhadap sedasi

– Infeksi

– Berdarah

– Pankreatitis akibat ERCP

Persiapan sebelum endoskopi

Puasa

Memeriksa saluran pencernaan bagian atas (endoskopi bagian atas atau ERCP) tidak lebih dari puasa selama 6-8 jam sebelum prosedur. Tujuannya, untuk memeriksa usus besar dan membersihkannya melalui proses pembuangan air besar. Oleh karena itu, obat pencahar atau kelompok obat pencahar biasanya diberikan pada hari sebelum prosedur.

Sedasi 

Untuk sebagian besar pemeriksaan dengan endoskopi, obat penenang disediakan. Hal ini meningkatkan kenyamanan individu menjalani pemeriksaan. Obat penenang, yang diberikan melalui suntikan ke pembuluh darah, menghasilkan relaksasi dan tidur ringan. Biasanya ada sedikit jika ada ingatan tentang prosedur tersebut. Pasien bangun dalam waktu satu jam, tetapi efek obatnya lebih lama, sehingga tidak aman untuk mengemudi sampai keesokan harinya.

Anestesi umum (membuat Anda benar-benar tertidur untuk jangka waktu tertentu). Akan tetapi, dokter Rumah Sakit di Samarinda Medika Citra hanya akan memberikannya dalam keadaan yang sangat khusus (pada anak kecil, dan ketika prosedur yang sangat kompleks direncanakan).