Kecantikan

Sebelum Melakukannya, Ini Fakta Tentang Bleaching dan Scaling

Mengunjungi dokter gigi sangat disarankan untuk dilakukan paling tidak enam bulan atau satu tahun sekali untuk memastikan kesehatan gigi Anda dengan baik. Berbagai perawatan pun bisa Anda lakukan saat berkunjung ke dokter gigi. Jadi, tidak hanya melakukan pengecekan kesehatan mulut dan gigi Anda saja, salah satunya adalah bleaching dan scaling

Namun, sebelum Anda melakukan perawatan tersebut ada baiknya untuk mengetahui apa itu scaling dan bleacing pada gigi. berikut penjelasannya. 

Bleacing dan scaling pada gigi

Mungkin banyak orang yang salah tentang scaling gigi dapat memutihkan gigi Anda. Namun, faktanya, scaling pada gigi dilakukan tidak merubah warna gigi Anda menjadi putih, namun dapat mengembalikan gigi menjadi tampak lebih bersih dari sebelumya. 

Sedangkan untuk bleacing sendiri adalah proses memutihkan warna gigi. Di mana, sebelumnya gigi Anda berwarna agak kekuningan setelah melakukan bleacing bisa menjadi lebih putih atau berubah warna. 

Jadi, bisa dikatakan scaling adalah penskalaan yang melibatkan pengangkatan plak dari gigi Anda, sedangkan bleacing hanyalah prosedur kosmetik apda gigi yang melibatkan pemutihan untuk memutihkan gigi Anda dan hal tersebut sama sekali tidak berpengaruh pada kebersihan mulut Anda. 

Kapan Anda membutuhkan scaling?

Dokter gigi Anda mungkin akan merekomendasikan perawatan scaling dan root planning jika mulut Anda memiliki tanda-tanda penyakit periodontal kronis. Prosedur ini dapat memabntu menghentikan efek berbahaya dari kondisi ini dan menjaga kesehatan mulut Anda. 

Itulah mengapa pentingnya membersihkan gigi dengan dental floss secara teratur untuk mencapai titik-titik yang tidak bisa dilakukan oleh sikat gigi. Jika tidak diobati, penyakit periodontal kronis dapat menyebabkan:

  • Kehilangan tulang dan jaringan
  • Kehilangan gigi
  • Gigi lepas
  • Memindahkan gigi

Bleacing gigi, membuat gigi tetap putih

Baik Anda menggunakan sistem memutihkan gigi di rumah maupun dengan dokter gigi, Anda dapat membantu mempertahankan hasil dari bleacing gigi dengan menghindari beberapa minuman kaya asam dan tannin, seperti:

  • Teh hitam dan kopi
  • Anggur putih dan merah
  • Minuman olahraga
  • Minuman berkarbonasi (soda berwarna gelap dan terang)
  • Buah beri dan makanan berwarna kuat lainnya
  • Saus (kedelai, tomat dan kari)

Bleacing gigi membuat gigi lebih sensitif?

Bleacing gigi dapat membuat gigi Anda sensitif sementara, atau tidak merasa nyaman bagi orang yang telah memiliki gigi sensitif sebelumnya. Bleacing gigi paling baik dilakukan untuk orang dengan gigi kuning dan kurang efektif pada orang dengan gigi cokelat. Jika gigi Anda berwarna abu-abu atau ungu, bleacing gigi mungkin tidak akan berhasil sama sekali.  Untuk memastikan bleacing gigi sepadan dengan waktu dan uang yang telah Anda keluarkan, bicaralah dengan dokter gigi Anda sebelum Anda melakukan bleacing gigi. 

Apa manfaat scaling gigi?

Beberapa manfaat scaling yang bisa Anda rasakan adalah sebagai berikut:

  • Menghilangkan noda, tartar dan bakteri. Saat Anda makan, makanan diubah menjadi pati dan mengikat bakteri untuk membentuk lingkingan asam untuk gigi Anda. Jika dibiarkan kotor, dapat menyebabkan noda, email, dan kerusakan akar. Oleh karena itu, melakukan scaling secara teratur akan menjaga kebersihan gigi. 
  • Mencegah penyakit gusi. Setelah makan waktu yang lama, gusi Anda mungkin akan menumpuk plak dan karang gigi. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan gigi Anda untuk mencegah gigi berlubang dan masalah gusi lainnya. 
  • Gigi lebih bersih.  Scaling tentu saja dapat membuat gigi Anda terlihat lebih bersih dan meningkatkan kebersihan gigi Anda. 

Bagaimana, tertarik untuk melakukan bleacing dan scaling pada gigi Anda? Konsultasikan dengan dokter gigi Anda terlebih dahulu sebelum melakukan perawatan tersebut, apakah Anda membutuhkannya atau ada perawatan lain yang perlu Anda lakukan terkait kesehatan mulut dan gigi Anda.