Uncategorized

Segera Lakukan Hal Ini Saat Anak Tenggelam

Segera Lakukan Hal Ini Saat Anak Tenggelam

Tenggelam adalah penyebab utama kematian terkait cedera di antara anak-anak usia 1 hingga 14 tahun. Menurut Centers for Disease Control and Prevention, anak-anak usia tersebut sangat berisiko karena mereka memiliki rasa penasaran yang tinggi, cepat, dan tertarik pada air, tetapi belum dapat memahami betapa berbahayanya tenggelam saat bermain di dekat kolam.

Tenggelam sebenarnya dapat dicegah dengan beberapa tindakan keamanan. Segera lakukan tips ini saat anak tenggelam supaya dapat segera diselamatkan dan tidak berdampak fatal.

Langkah Pertolongan Pertama untuk Korban Tenggelam

1. Keluar dari air

Prioritas pertama adalah mengeluarkan anak yang tenggelam dari air secepat mungkin. Jika dia tidak bernapas, letakkan punggungnya di atas permukaan yang kokoh. Segera mulai penyelamatan pernapasan, dan minta seseorang memanggil bantuan seperti ambulan.

2. Buka jalan napas

Secara lembut miringkan kepalanya ke belakang dengan satu tangan, dan angkat dagunya dengan tangan lainnya. Dekatkan telinga Anda ke mulut dan hidung anak. Lihat, dengarkan, dan rasakan tanda-tanda bahwa dia masih bernapas.

3. Jika anak tampak tidak bernapas

Bayi di bawah usia 1 tahun: 

Letakkan mulut Anda di hidung dan bibir bayi. Berikan dua kali napas, masing-masing berlangsung sekitar 1 detik. Perhatikan dada naik dan turun.

Anak-anak 1 tahun ke atas: 

Cubit hidung anak dan tutup mulut Anda dengan bibir. Berikan dua napas lambat dan penuh (masing-masing 1 hingga 2 detik). Tunggu dada naik dan turun sebelum memberikan napas kedua.

4. Jika dada naik setelah bernafas

Periksa denyut nadi. Jika dada tidak naik, coba lagi. Miringkan kembali kepala, angkat dagu anak, dan ulangi napas.

5. Cara periksa denyut nadi

Letakkan dua jari di leher anak Anda di sisi jakun (untuk bayi, rasakan di dalam lengan antara siku dan bahu). Tunggu lima detik.

Jika ada denyut nadi, berikan satu napas setiap tiga detik. Periksa denyut nadi setiap menit, dan lanjutkan penyelamatan pernapasan sampai anak bernapas sendiri atau bantuan datang.

6. Jika tidak dapat menemukan denyut nadi

Bayi di bawah usia 1 tahun: 

Bayangkan garis di antara puting susu anak, dan letakkan dua jari tepat di bawah titik tengahnya. Lakukan kompresi dada lima setengah inci dalam waktu sekitar tiga detik. Setelah lima kompresi, tutup mulut dan hidung anak untuk berikan satu tarikan napas.

Anak-anak 1 dan lebih tua: 

Gunakan tumit tangan Anda (kedua tangan untuk remaja atau orang dewasa) untuk menerapkan lima kompresi dada cepat satu inci ke tengah tulang dada (tepat di atas tempat tulang rusuk berkumpul) dalam waktu sekitar tiga detik. Setelah lima kompresi, cubit hidung anak, tutup mulut dengan bibir, dan berikan satu napas penuh.

Semua usia: 

Lanjutkan siklus lima kali kompresi dada diikuti dengan napas selama satu menit, lalu periksa denyut nadinya. Ulangi siklus sampai Anda menemukan denyut nadi atau bantuan datang dan mengambil alih.

Catatan penting, semua instruksi ini adalah pelatihan CPR, yang harus dimiliki oleh semua orang tua dan pengasuh. Jangan pernah menganggap sudah terlambat untuk menyelamatkan nyawa seorang anak. Meskipun dia tidak responsif, terus lakukan CPR dan jangan berhenti sampai profesional medis mengambil alih. Selamatkan anak Anda akibat tenggelam sebelum terlambat. Penyelamatan dini sangat membantu anak bertahan hidup setelah tenggelam.