Hidup Sehat

Selain Tingkatkan Kekebalan, Ini Manfaat Teh Kunyit Lainnya!

Kunyit adalah salah satu jenis bumbu yang biasa digunakan untuk menambah warna dan rasa pada masakan. Kunyit pun dikenal sebagai salah satu bahan obat tradisional yang memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan. 

Jus kunyit baik untuk mencegah kanker

Baik diolah dengan diparut, dipotong kecil-kecil ataupun bubuk kunyit. Salah satu cara untuk menikmati kunyit dan kaya manfaat adalah teh kunyit. Lalu apa saja manfaat teh kunyit? Yuk, ikuti ulasan berikut ini!

Apa itu kunyit?

Kunyit adalah akar yang berasal dari keluarga jahe dan telah menjadi obat untuk siapapun yang mengalami masalah peradangan atau gejala seperti flu. Satu sendok kunyit mengandung 26 persen dari dosis harian mangan yang direkomendasikan, 16 persen kebutuhan zat besi harian Anda, dan 5 persen kebutuhan kalium Anda. 

Warna emas kunyit berasal dari kurkumin yang alami dan manfaat penyembuhan. Kurkumin senyawa paling penting dalam kunyit memiliki khasiat obat dan digunakan untuk mengurangi nyeri sendi, artritis, pembengkakan, dna bahkan mengobati depresi. 

Manfaat teh kunyit 

  1. Kunyit terbukti memperkuat sistem kekebalan tubuh

Kunyit cukup kuat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda dan memperbaiki gejala saat merasa tidak enak badan. Sebuah penelitian menemukan kunyit memiliki kemampuan untuk mempersingkat durasi dan meredakan gejala penyakit 10% menjadi 20%. 

Secara khusus, kurkumin terdiri dari sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang dapat membantu tubuh tetap sehat dan jumlah terkecil lebih baik daripada tidak ada kunyit sama sekali. Sebuah penelitian menemukan bahwa kurkumin, bahkan dalam dosis rendah dapat meningkatkan respon antibodi dan membantu tubuh melawan penyakit. 

  1. Teh kunyit mendukung kesehatan usus dan membantu pencernaan

Minum teh kunyit dapat membantu masalah pencernaan dan membantu mendukung usus yang sehat. Sebuah penelitian menemukan kurkumin memberikan efek menguntungkan pada mikrobioma usus, tanpa toksisitas yang jelas, memulihkan ketidakseimbangan di usus dan membantu menjaga usus yang sehat. Mencampur teh kunyit dengan sedikit lada hitam dapat membantu kurkumin lebih cepat dicerna. Ini meningkatkan penyerapan kurkumin dan membantu tubuh Anda memproses makanan dengan lebih cepat dan mudah. 

  1. Kunyit meredakan nyeri dan menurunkan peradangan 

Kurkumin dikaitkan dengan pengurangan peradangan yang dapat menyebabkan penyakit kronis, seperti radang sendi. Peradangan dan nyeri sendi sering kali berjalan seiring dan Arthritis Foundation merekomendasikan kurkumin sebagai bumbu yang membantu mengurangi peradangan. Sebuah studi menemukan kunyit meredakan gejala radang sendiri termasuk rasa sakit dan gejala terkait peradangan. 

Penelitian lain menemukan 94 persen dari mereka yang mengonsumsi kurkumin melaporkan setidaknya 50% peningkatan nyeri osteoarthritis lutut. Studi tersebut menemukan bahwa mereka yang diberi kurkumin berlawanan dengan kehilangan minum diklofenak, memiliki efek samping yang lebih sedikit seperti masalah perut. 

Manfaat lain dari kunyit

  • Mencerahkan kulit. Kulit memiliki antioksidan yang kaya dan anti-inflamasi yang disebut kurkumin yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit, memperbaiki corak kulit, dan meremajakan kulit yang tampak kusam. 
  • Mengurangi lingkaran hitam pada mata. Jika Anda rentan terhadap kantung mata yang tampak lelah, dapat menggunakan kunyit. Karena kunyit terbukti sebagai agen anti-inflamasi dan pencerah. Ini juga merangsang sirkulasi yang dapat membantu mengurangi bengkak dan kegelapan di bawah mata yang disebabkan oleh sirkulasi yang buruk. 
  • Membantu memutihkan gigi. Meskipun kunyit dapat menodai kain, namun bumbu tersebut memiliki kekuatan untuk memutihkan gigi secara alami dan meredakan radang gusi dan sakit gigi. Anda bisa menggunakan kunyit untuk membuat pasta gigi alami bebas fluorida yang akan menangkal bakteri dan meredakan peradangan. Untuk membuatnya, Anda dapat mencampurkan 4 sendok makan bubuk kunyit, 2 sendok makan soda kue, dna ½ sendok makan minyak kelapa. Campur bahan-bahan tersebut hingga tercampur, lalu Anda bisa menggunakannya sebagai pasta gigi. 

Jadi, selain untuk memasak kunyit dapat dikonsumsi menjadi teh. Begitu banyak manfaat teh kunyit yang bisa Anda dapatkan. Namun, jika Anda memiliki penyakit kronis ada baiknya untuk berkonsultasikan ke dokter terlebih dahulu.