Penyakit

Sering Mengalami Gigi Ngilu? Berikut Cara Efektif Mengobatinya

Apakah Anda sering mengalami gigi ngilu, padahal gigi Anda dalam keadaan sehat dan tidak bermasalah? Bisa jadi gigi ngilu tersebut karena Anda memiliki gigi sensitif. Memang tidak semenyakitkan sakit gigi karena bolong, tapi gigi ngilu karena sensitif juga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara yang tepat untuk mengobati gigi ngilu akibat gigi sensitif tersebut. Ada pun cara-cara yang dapat Anda lakukan, antara lain:

  • Menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif

Produk pasta gigi khusus untuk gigi sensitif telah banyak dijual di pasaran. Pasta gigi khusus ini bekerja dengan cara menahan rasa ngilu hanya pada permukaan gigi saja, sehingga tidak terasa sampai ke saraf gigi. Anda perlu untuk melakukan kebiasaan menggosok gigi dengan pasta gigi khusus gigi sensitif selama beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Oleskan gel fluoride

Jika Anda masih mengalami gigi ngilu walau telah menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif, maka segera konsultasikan dengan dokter gigi. Nantinya, Anda dapat meminta dokter untuk meresepkan gel fluoride. Gel ini digunakan dengan cara dioleskan pada gigi yang sensitif. Gel ini bekerja dengan menguatkan lapisan terluar gigi (enamel), sehingga dapat mengurangi rasa ngilu.

  • Menambal gigi

Jika gigi sensitif Anda disebabkan oleh terbukanya akar gigi, Anda dapat mengatasinya dengan mengoleskan bahan khusus di permukaan gigi sensitif. Bahan desensitivitas atau bonding ini biasanya digunakan untuk mengatasi gigi berlubang.

  • Mencangkok gusi

Jika alasan gigi sensitif Anda disebabkan oleh terbukanya bagian akar gigi akibat bergesernya posisi gusi, maka hal ini dapat diatasi dengan melakukan cangkok gusi. Nantinya, dokter akan mengambil jaringan gusi dari area lain di rongga mulut dan mencangkoknya pada bagian akar gigi yang terbuka.

  • Melakukan perawatan saluran akar

Ketika cara-cara yang telah disebutkan di atas belum berhasil juga untuk mengatasi gigi sensitif Anda, maka Anda harus melakukan perawatan saluran akar. Prosedur medis ini dilakukan dalam beberapa sesi, sehingga mengharuskan Anda untuk secara rutin datang ke dokter gigi.

Penting bagi Anda untuk terus menjaga dan merawat kesehatan gigi agar rasa ngilu tidak kunjung datang lagi.