Hidup Sehat

Teh Hijau yang Bagus? Apa Saja Manfaat yang Masih Jarang Diketahui?

Teh hijau dari dulu sudah memiliki banyak penggemar. Kandungan di dalam teh hijau yang bagus digadang-gadang dapat mendetox racun dalam tubuh hingga menurunkan berat badan. Makanya tak heran jika banyak orang yang akhirnya rajin minum teh hijau agar lebih sehat dan terlihat langsing.

Merek teh hijau yang bagus antara lain Dilmah, Kepala Djenggot, Cap Botol, dan Tong Tji

Diluar dua manfaat terkenalnya, ternyata masih banyak sekali manfaat teh hijau yang sangat baik bagi tubuh. Jika Anda penggemar berat teh hijau yang bagus, simak beberapa manfaat teh hijau yang masih jarang diketahui berikut ini:

1. Manfaat kesehatan untuk kecantikan

Teh hijau yang bagus ternyata memiliki beragam manfaat untuk kesehatan kulit, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Menghambat peradangan dan penyembuhan jerawat pada wajah

Teh hijau juga memiliki antioksidan yang tinggi, anti-inflamasi, serta polifenol yang berperan penting untuk menjaga kesehatan kulit, menghambat peradangan, serta membantu meredakan jerawat pada kulit.

  • Melembapkan kulit, mengurangi kantong mata (mata panda)

Antioksidan yang ada pada teh hijau yang bagus mampu menghidrasi kulit dengan baik. Anda bisa coba mengaplikasikan ampas teh hijau bekas seduh pada kulit secara merata selama 30 menit. Kulit akan terasa halus dan lembap setelahnya. Untuk mengurangi mata panda, kompres mata pada teh bekas seduh dan diamkan selama 30 menit.

  • Mencegah kanker akibat sinar matahari serta penuaan dini

Senyawa katekin dalam teh hijau yang bagus dapat membantu mencegah kanker kulit akibat sinar matahari. Terdapat juga vitamin C didalam kandungan teh hijau yang juga dipercaya dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Selain itu kolagen juga salah satu zat penting yang dapat menjaga kelenturan kulit wajah.

2.  Membantu kesehatan otak

Antioksidan yang ada di dalam kandungan teh hijau sudah terbukti mampu melindungi sel-sel otak dari stres oksidatif (stres yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan jaringan dalam tubuh),

Kandungannya juga mampu mengurangi kerusakan otak yang disebabkan oleh alzheimer dan demensia. Rutin meminum teh hijau dipercaya dapat meningkatkan kemampuan daya ingat, dan juga memperbaiki fungsi otak.

3.  Baik untuk kesehatan hati

Di dalam teh hijau terdapat senyawa antioksidan bernama “katekin”. Katekin mampu mencegah serta memperlambat proses radikal bebas yang masuk kedalam tubuh yang dapat mengurangi peradangan pada penderita penyakit hati.

Kandungan antioksidan katekin juga sudah terbukti dapat menjaga fungsi hati berlemak seperti kerusakan hati yang disebabkan oleh alkohol. 

4. Mengurangi resiko terkena kanker

Terdapat banyak senyawa aktif di dalam teh hijau. Efek anti-angiogenesis dalam teh hijau yang bagus mampu melindungi tubuh terhadap kerusakan yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker. Selain itu, ada juga kandungan polifenol yang bermanfaat untuk mencegah kanker.’

Pada teh hijau, terdapat juga senyawa  EGCG (epigallocatechin gallate) yang memiliki potensi untuk membunuh sel kanker dengan tidak merusak sel normal.

5. Membantu tubuh agar lebih rileks

Jika Anda mengalami suasana hati yang kurang baik, cobalah untuk meminum teh hijau. Didalam teh hijau terdapat kandungan theanine yang dapat membantu mengurangi rasa cemas pada seseorang sehingga dapat membuat lebih rileks. 

Itulah beberapa manfaat teh hijau yang perlu Anda ketahui. Meski mengandung banyak sekali manfaat yang baik bagi tubuh, konsumsi teh hijau juga tak boleh berlebihan. Jika masih ragu untuk mengkonsumsinya, coba konsultasikan pada dokter agar mendapat informasi yang jelas.