Penyakit

Teknik Penyembuh Luka Operasi Diabetes untuk Pemulihan Cepat

Teknik Penyembuh Luka Operasi Diabetes untuk Pemulihan Cepat

Setelah menjalani operasi diabetes, tubuh Anda memerlukan waktu untuk bisa pulih sepenuhnya. Luka akibat operasi juga perlu dirawat dengan tepat agar tidak infeksi. Anda mungkin perlu mengetahui teknik penyembuh luka operasi diabetes agar pemulihan lebih maksimal.

Ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan setelah menjalani operasi diabetes. Anda harus berhati-hati agar luka Anda bisa pulih dengan sempurna, serta tidak terjadi komplikasi pasca operasi yang tidak diinginkan.

Memahami tahap penyembuhan luka setelah operasi

Proses penyembuhan luka setelah menjalani operasi terdiri atas beberapa tahap. Ada tiga fase yang dilalui oleh luka Anda setelah operasi:

  • Fase 1: Pembengkakan

Luka bekas operasi pasti akan membengkak setelah operasi selesai dilakukan. Pembengkakan ini bisa terjadi karena pembuluh darah Anda menggumpal untuk mencegah Anda kehilangan banyak darah.

Kemudian, sel darah putih akan bergerak ke area luka. Sel darah putih ini bekerja melawan bakteri agar luka Anda tidak mengalami infeksi.

Biasanya, pembengkakan pada area luka setelah operasi bisa terjadi sampai 6 hari. Anda mungkin akan merasakan sensasi hangat, nyeri dan kemerahan pada area sekitar luka tersebut.

  • Fase 2: Perbaikan

Fase ini berlangsung sekitar 4 hari sampai dengan satu bulan setelah menjalani operasi. Di fase ini, tubuh Anda melakukan perbaikan terhadap luka bekas operasi.

Akan muncul bekas luka yang mengeras pada area luka Anda. Tepi-tepi pada bekas luka tersebut akan menyatu dan saling menarik, membuat kulit Anda menjadi terlihat lebih tebal.

Bekas luka ini juga bisa memicu warna kemerahan baru dan sedikit benjolan. Anda akan merasakan sensasi nyeri yang menusuk di sana. Hal ini wajar, bahkan baik, karena rasa nyeri menandakan saraf pada bagian luka tersebut mulai kembali berfungsi.

Seiring berjalannya waktu, rasa nyeri yang menusuk ini akan berangsur-angsur berkurang. 

  • Fase 3: Pembangunan kembali

Area pada luka Anda akan melakukan tahap pembangunan kembali, yaitu pembentukan permukaan baru. Dibanding dengan fase 1 dan 2, fase ini bisa berlangsung cukup lama, sekitar 6 bulan sampai dengan 2 tahun setelah operasi.

Bekas luka Anda akan tampak berubah seiring berjalannya waktu. Kulit pada bekas luka menjadi lebih tebal, merah, dan permukaan kasar pada bekas luka akan terangkat.

Kulit yang muncul dari bekas luka yang terangkat akan tampak lebih tipis dan datar, serta berwarna sama dengan warna kulit Anda.

Teknik penyembuh luka operasi diabetes

Agar proses pemulihan berlangsung baik, berikut ini teknik penyembuh luka operasi diabetes yang perlu Anda pahami:

  • Jaga luka tetap bersih

Bersihkan area kulit di sekitar luka dengan kain kasa. Rendam kain kasa dalam air sabun, lalu campurkan air steril atau garam. Usapkan pada kain di sekitar luka. Jangan gunakan sabun pembersih kulit ataupun produk perawatan kulit lainnya. 

  • Jaga luka tetap kering

Selama 24 jam setelah operasi, luka Anda tidak boleh terkena basah. Jadi, Anda tidak boleh mandi selama jangka waktu tersebut. Mandilah pada hari kedua setelah operasi agar luka tetap kering.

  • Jangan terpapar sinar matahari

Paparan sinar matahari berlebih bisa membuat bekas luka menggelap dan semakin sulit untuk hilang. Selama 6 bulan setelah operasi, hindari luka dari sinar matahari. Kalau Anda terpaksa beraktivitas di luar, pastikan untuk menggunakan tabir surya.

Itulah teknik penyembuh luka operasi diabetes yang bisa Anda lakukan. Perhatikan kondisi luka Anda secara rutin dan hindari dari infeksi.