Rumah sakit

Telemedika Health Center Manado dan Upaya Cegah Gagal Ginjal

Tidak ada yang menginginkan mengalami penyakit gagal ginjal. Namun jika itu terjadi, penanganan yang tepat harus dilakukan untuk memperpanjang harapan hidup pasien dan menjaga kualitas hidupnya. Selain obat-obatan yan telah diresepkan dokter, pasien gagal ginjal hampir pasti menjalani cuci darah atau hemodialisa. Bagi Anda yang berada di Kota Manado, Anda dapat membawa pasien gagal ginjal untuk memerlukan hemodialisa di Telemedika Health Center. 

Namun jika memang memungkinkan, jangan sampai Anda sendiri yang mesti menjalani proses cuci darah ini. Mulai dari sekarang sebisa mungkin lakukan upaya pencegahan agar ginjal Anda tetap berfungsi baik dan tidak mengalami gagal ginjal. 

Langkah-langkah pencegahan untuk menangkis risiko gagal ginjal mudah dilakukan, namun harus dilakukan secara konsisten. Kekonsistenan inilah yang kerap kali tidak mampu dilakukan kebanyakan orang. Jadi, apakah Anda siap melakukan hal-hal yang mereduksi risiko gagal ginjal di bawah ini setiap hari sepanjang hidup Anda? 

Cukup Minum Air Putih 

Air putih sangat penting untuk menjadi cairan yang membantu aliran darah ke ginjal. Jika Anda terbiasa kurang minum air putih, risiko penyakit ginjal kronis yang berujung gagal ginjal akan semakin besar. Karena itu, biasakanlah minum air putih bukan hanya saat Anda haus. Idealnya, minumlah air putih sekitar 2,5—3 liter dalam sehari. 

Kurangi Pemakaian Garam 

Tekanan darah tinggi yang berkelanjutan akan membuat pembuluh darah menegang sehingga menjadi lebih sempit. Aliran darah ke berbagai organ vital tubuh pun menjadi tidak optimal, tidak terkecuali ke ginjal. Ini yang membuat kerja ginjal menjadi super berat dan berisiko mengalami kerusakan lebih besar. Salah satu penyebab tekanan darah tinggi sendiri adalah pengonsumsian garam yang berlebih. Jadi mulai sekarang, kurangi pemakaian garam agar ginjal Anda lebih sehat! 

Batasi Konsumsi Gula  

Gula akan membuat risiko Anda terkena diabetes menjadi lebih besar. Bukan hanya dari makanan atau minuman manis, gula pun sebenarnya sudah Anda peroleh dari buah-buahan alami, sayuran, bahkan karbohidrat pada nasi. Jadi, mulai kurangi untuk menambahkan banyak gula pada makanan ataupun minuman Anda. Pasalnya ketika sudah mengalami diabetes, risiko mengalami gagal ginjal dan mesti mendapatkan penanganan berupa hemodialiasi di Telemedika Health Center Manado maupun tempat lainnya menjadi lebih besar. 

Perbanyak Asupan Serat 

Serat yang tinggi sangat baik untuk kesehatan jantung Anda. Buah-buahan dan sayur-sayuran menjadi sumber serat yang sangat direkomendasikan. Bukan hanya berpengaruh pada kesehatan jantung, mengonsumsi asupan kaya serat juga akan lebih melindungi ginjal Anda. Karena kebanyakan, penderita penyakit jantung pada akhirnya mengalami kondisi gagal ginjal. 

Jaga Porsi Makan 

Menjaga berat badan ideal sangat penting untuk menjaga kesehatan berbagai organ tubuh, tidak terkecuali jantung Anda. Anda bisa memulai membentuk dan menjaga berat badan ideal dengan membatasi porsi makan. Jika Anda termasuk orang yang terbiasa mengisi nasi dan lauk pauk di satu piring sampai penuh, cobalah kurangi jumlah porsinya dengan memakai piring yang lebih kecil. Minum segelas air sebelum makan juga bisa membuat nafsu makan berkurang sehingga porsi yangt termakan lebih sedikit. 

Olahraga secara Teratur 

Olahraga pada dasarnya bisa memperkuat kinerja berbagai organ vital tubuh dan menghindarkan Anda dari beragam risiko penyakit. Olahraga secara teratur minimal 30 menit dalam sehari juga dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi, diabetes, maupun penyakit jantung yang semuanya bisa menimbulkan komplikasi ke penyakit ginjal kronis. 

Hindari Minum Sembarangan Obat 

Jangan terbiasa membeli dan mengonsumsi obat yang dijual bebas. Di mana kebanyakan obat bebas tersebut merupakan obat pereda nyeri atau anti inflamasi nonsteroid, seperti ibuprofen, aspirin, maupun naproxen Pasalnya, berbagai obat ini mengurangi jumlah aliran darah ke jantung sehingga membahayakan fungsi ginjal. Apalagi jika Anda telanjur menjadi pasien Telemedika Health Center Manado untuk menjalankan hemodialisa rutin, tiap obat yang Anda minum haruslah dengan persetujuan dokter. 

Stop Rokok dan Alkohol 

Kebiasaan merokok bisa mengurangi aliran darah ke ginjal sehingga membuat organ penting ini menjadi lebih cepat rusak. Sementara itu, terlalu sering dan banyak mengonsumsi alkohol bisa membuat Anda bertambah gemuk dengan cepat sekaligus meningkatkan tekanan darah. Tentu semuanya tidak baik bagi ginjal Anda dan meningkatkan risiko gagal ginjal di kemudian hari. Jadi, stop kebiasaan-kebiasaan itu sekarang juga. 

Jika Anda terlambat melakukan pencegahan, hemodialisis menjadi cara tertepat untuk menangani masalah ginjak yang Anda alami. Anda bisa melakukan tindakan cuci darah ini di banyak tepat, tidak terkecuali di Telemedika Health Center Manado yang berlokasi di Jalam Sam Ratulangi.