Hidup Sehat

Tips Mudah Cara Sehat Anak Kost

Tips Mudah Cara Sehat Anak Kost

Hidup anak kost sering identik dengan hidup yang sederhana dan murah. Anak kost dianggap selalu makan apa adanya, tidak peduli apakah makanan-makanan yang dikonsumsi mengandung cukup nutrisi untuk menunjang fungsi tubuh dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Padahal makanan, yang ditunjang dengan gaya hidup yang baik, merupakan kunci penting agar tubuh sehat dan terhindar dari penyakit. Untungnya, cara sehat anak kost cukup mudah. Artikel ini akan membahasnya dengan lebih detail. 

Cukup mudah untuk seseorang bingung ketika kita membicarakan tentang kesehatan dan nutrisi, terutama anak kost yang menyukai sesuatu yang “simple”. Cara sehat anak kost yang paling mudah dilakukan adalah dengan mengetahui apa yang perlu Anda makan dan hindari, sekaligus hidup aktif dan banyak berolahraga. 

  • Jangan minum kalori gula

Sudah menjadi rahasia umum apabila anak kost gemar akan hal-hal yang berbau instant. Minuman instan, contohnya, mengandung banyak gula dan merupakan salah satu penyebab bertambahnya berat badan. 

Berat badan berlebih dan obesitas telah dihubungkan dengan berbagai macam penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa minuman yang mengandung banyak gula meningkatkan risiko Anda menderita kanker. 

Sebagai tambahan, asam dalam “soft drink” juga dapat merusak gigi, terutama ketika dikombinasikan dengan gula. Apabila Anda sebagai anak kost gemar minum soda, gantilah dengan minuman yang lebih menyehatkan seperti air putih. Anda juga bisa minum jus buah, namun hindari jus buah yang mengandung gula tambahan. 

  • Makan kacang

Meskipun tinggi kandungan lemak, kacang merupakan sumber makanan bernutrisi dan sehat yang banyak digemari oleh anak kost karena harganya yang relatif terjangkau. Kacang diperkaya dengan magnesium, vitamin E, serat, dan berbagai nutrisi menyehatkan lainnya. Studi menunjukkan bahwa kacang dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan dapat membantu melawan diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. 

Sebagai tambahan, tubuh Anda tidak menyerap 10-15 persen kalori dari kacang. Beberapa bukti juga menyatakan bahwa bahan makanan ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Dalam sebuah studi, kacang almond terbukti dapat membantu menurunkan berat badan sebanyak 62 persen, apabila dibandingkan dengan karbohidrat kompleks. 

  • Hindari “junk food” makanan cepat saji

Makanan cepat saji olahan sangat tidak sehat. Makanan tersebut telah dibuat sedemikian rupa sehingga dapat memicu pusat kenikmatan Anda, sehingga membuat otak memaksa tubuh untuk makan dengan berlebih, bahkan menyebabkan kecanduan makanan bagi beberapa orang. Makanan cepat saji juga rendah serat, protein, dan mikronutrien. Sebaliknya, makanan tersebut tinggi kandungan bahan yang tidak sehat, seperti gula dan gandum olahan. 

  • Jangan takut minum kopi

Berbeda dengan minuman soda, kopi adalah minuman yang sangat menyehatkan. Kopi tinggi kandungan antioksidan, dan studi menghubungkan asupan kopi dengan hidup lebih panjang serta berkurangnya risiko beberapa penyakit serius, seperti diabetes tipe 2, penyakit Parkinson, penyakit Alzheimer, dan berbagai penyakit berbahaya lainnya. 

  • Minum air sebelum makan

Minum air putih dengan cukup dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Minum air dapat meningkatkan jumlah kalori yang Anda bakar. Dua buah studi menyatakan bahwa minum air dapat meningkatkan metabolisme sebanyak 24-30 persen dalam waktu 1-1,5 jam. Ini berarti ada tambahan sekitar 96 kalori yang Anda bakar apabila Anda minum 2 liter air per hari. 

Tips mudah cara sehat anak kost di atas perlu Anda praktekkan apabila Anda ingin hidup sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit. Penting diingat bahwa mencegah lebih baik dari mengobati. Cegah penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes dengan cara sehat anak kost.