Tindakan

Tujuan Tes Titer Antibodi adalah 6 Hal Ini

Beberapa waktu yang lalu media sosial sempat diramaikan dengan cuitan politikus dari Partai Gerindra yang menyinggung soal tes titer antibodi dan tak sedikit pula orang bertanya-tanya apa itu tes titer antibodi. Tes titer antibodi adalah tes yang mendeteksi keberadaan dan mengukur jumlah antibodi dalam darah seseorang. Jumlah dan keragaman antibodi ini berhubungan dengan kekuatan respon imun tubuh seseorang terhadap suatu infeksi. 

Secara alami, ketika mikroorganisme berbahaya atau patogen ini masuk ke dalam tubuh manusia, ada penanda yang dimiliki oleh patogen tersebut yang dikenal sebagai antigen. Antigen inilah yang akan merangsang sistem imunitas tubuh untuk menghasilkan antibodi. 

Selanjutnya antibodi ini akan mengikat antigen dan menghasilkan interaksi kompleks yang melibatkan jaringan imun dan sel untuk melawan dan menghancurkan mikroorganisme berbahaya yang masuk ke tubuh sebelum menyebabkan infeksi. Jumlah antibodi yang dihasilkan ini harus sesuai dengan jumlah antigen yang masuk agar dapat bekerja dengan maksimal.

Nah, untuk memastikan kalau antibodi ini sudah mencapai jumlah yang dibutuhkan, maka dilakukanlah yang namanya tes titer antibodi ini. Namun, Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat dan Kemenkes RI tidak menyarankan masyarakat untuk melakukan tes ini, terutama setelah menjalani vaksinasi karena dapat menimbulkan kebingungan, kecuali melakukan tes titer antibodi adalah untuk uji klinis. Dalam hal ini, titer antibodi dapat digunakan untuk mengukur antibodi yang dikumpulkan dari sejumlah relawan untuk menghasilkan sebuah kesimpulan.

Tujuan Tes Titer Antibodi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa secara alami, antibodi dapat terbentuk dengan sendirinya ketika ada patogen atau benda asing yang masuk ke tubuh. Patogen ini tidak hanya berasal dari patogen yang menginfeksi saja, tetapi juga bisa berasal dari vaksin, Bedanya, patogen yang terdapat di dalam vaksin adalah bakteri atau virus yang sudah dilemahkan sehingga tidak bisa menginfeksi tubuh lagi. Selain itu, bakteri dan virus yang dilemahkan ini juga dapat merangsang sistem kekebalan tubuh.

Dalam hal ini, pemeriksaan titer antibodi adalah untuk mengetahui konsentrasi antibodi dalam darah yang secara spesifik terbentuk karena mengenali patogen tertentu. Dengan mengetahui jumlah titer antibodi pada tubuh seseorang akan membantu dokter dalam memutuskan perawatan yang paling tepat untuk orang tersebut. Adapun tujuan dari tes titer antibodi adalah sebagai berikut.

  • Mengetahui paparan penyakit di masa lalu

Meskipun saat ini tubuh Anda dalam keadaan sehat, namun tes ini dapat mengenali antibodi yang terbentuk akibat paparan penyakit atau infeksi di masa lalu.

  • Mengetahui riwayat vaksinasi

Tujuan lain dari tes titer antibodi adalah untuk mengetahui riwayat vaksinasi seseorang. Sebab, tidak semua orang memiliki catatan riwayat vaksinasi yang lengkap. Hal ini biasanya terjadi pada anak-anak atau orang dewasa. Oleh karena itu, untuk mengidentifikasi vaksin apa saja yang sudah diterima, dibutuhkan tes titer antibodi ini.

  • Menentukan kebutuhan seseorang terhadap vaksin

Selain dapat mengetahui riwayat vaksinasi seseorang, tes titer antibodi juga dapat menentukan kebutuhan seseorang terhadap vaksin, terutama bagi orang yang sudah pernah terinfeksi. Sebab, saat tubuh terinfeksi suatu patogen, secara otomatis tubuh akan membentuk antibodi terhadap antigen yang dimiliki patogen tersebut sehingga apabila antibodinya sudah terbentuk sesuai jumlah yang dibutuhkan, vaksinasi mungkin belum bisa dilakukan.

  • Mengetahui efektivitas vaksin

Dengan melakukan titer antibodi dapat memudahkan dokter dalam mendeteksi antibodi dan memastikan bahwa jumlahnya sudah cukup kuat untuk melawan patogen.

  • Mengevaluasi fungsi kekebalan tubuh

Pada beberapa orang, sistem kekebalan tubuh tidak dapat mengembangkan antibodi dengan baik setelah terpapar patogen atau pemberian vaksinasi. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya infeksi berulang. Karena itulah, tes titer antibodi digunakan untuk melihat apakah sistem kekebalan tubuh dapat merespon dengan benar setelah vaksinasi.

  • Mendeteksi gangguan autoimun

Selanjutnya tujuan tes titer antibodi adalah untuk mendeteksi gangguan autoimun pada seseorang. Pada gangguan autoimun, sistem kekebalan tubuh yang seharusnya melawan dan menghancurkan antigen yang masuk justru juga menyerang sel-sel sehat tubuh karena melihat sebagai mikroorganisme yang berbahaya. Itulah sebabnya diperlukan tes titer antibodi untuk mendeteksi gangguan autoimun ini.